7 Tips Membeli Laptop Baru atau Bekas

7 Tips Membeli Laptop Baru atau Bekas

Teruntuk kalian yang baru membeli sebuah laptop baru / bekas, yuk kita simak penjelasan di bawah ini agar kalian tidak salah dalam memilih laptop. 5 Pengecekan Yang Harus Kamu Lakukan Jika Membeli Laptop Baru (UPDATE 2020)

Berikut ini beberapa tips dalam membeli laptop bekas yang bisa Anda coba. Di dalam tips ini juga tersedia software yang bisa digunakan untuk membantu mengecek kondisi laptop bekas yang dibeli.

Yang harus Anda lakukan saat pertama kali menggunakan laptop bekas adalah mengecek kondisi laptop secara keseluruhan apakah terdapat lecet-lecet pada laptop. Jika terdapat lecet-lecet, hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda, apakah akan tetap membeli laptop atau tidak. 

Namun jika kondisi laptop seken maka wajar saja jika terdapat lecet atau goresan pada laptop, hal ini tentu tidak akan menjadi masalah bagi Anda, jika kondisi software laptop baik dan lancar.


Cek Kondisi Monitor Laptop Sebelum Memerika Keadaan Yang Lain


Periksa apakah laptop terdapat dead pixel atau tidak. Untuk membantu Anda dalam memeriksa kondisi LCD, gunakan salah satu software monitor test untuk dapat membantu dalam mengecek ada tidaknya dot/dead pixel (titik-titik hitam) yang menandakan cairan LCD sudah mengeras atau mati. Karena jikalau mengganti LCD juga lumayan mahal.


Kamu Bisa Mengecek Speaker Laptop Baru / Bekas


Anda harus melakukan cek kualitas speaker dengan memainkan sebuah lagu dengan volume maksimal, perhatikan apakah speaker kiri dan kanan berfungsi dengan baik. Apakah suaranya normal. Hal ini merupakan hal utama yang harus dilakukan, sebab speaker adalah hal utama karena bisa digunakan untuk memutar musik. 

Jika kondisi speaker rusak, maka tentu akan sangat mengganggu Anda dalam mendengarkan musik, jadi ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan pada speaker laptop yang Anda beli.

Cek Terlebih Dahulu Keyboardnya


Pastikan apakah semua tombol berfungsi dengan baik. Anda bisa menggunakan software keyboard test sebagai alat bantu. Karena keyboard merupakan bagian penting dalam laptop sehingga Anda harus melakukan pengecekan pada keyboard agar bisa melakukan aktivitas dengan lancar.

Cek Kondisi Baterei di Toko Sebelum Kamu Membawa Laptop Pulang


Sebelum membeli laptop bekas yang baru Anda harus melakukan pengecekan daya tahan baterai, Anda bisa menggunakan software battery monitor sebagai alat bantu untuk memeriksa kualitas baterai laptop yang sudah Anda beli. Software baterai tes ini digunakan untuk mengetahui wear levelnya. Sebaiknya pertimbangkan lagi jika wear level mencapai 50%. Harga baterai original memang cukup mahal.

Cek Optical Drive DVD / CD Agar Laptop Yang Baru Kamu Beli Bisa Membaca File Di CD


Persiapkan keping CD dan DVD untuk melakukan test apakah bisa membaca dengan baik. Jika diperlukan bawa CD/DVD kosong untuk membakar file ke CD atau DVD, dan lihat apakah hasilnya bagus atau tidak.

Jangan Lupa Untuk Mengecek Kondisi Yang Lainnya


Jika Anda membeli laptop bekas, Anda harus mengecek kondisi bluetooth, wifi, webcam, touchpad dan kondisi peripheral lainnya. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi, jika Anda tidak melakukan pengecekan pada laptop bekas Anda, maka kemungkinan Anda akan mendapatkan kualitas yang tidak baik pada laptop.

Karena laptop dengan kondisi baik dan tidak banyak lecet namun touchpad tidak berfungsi, bukankah itu sangat mengganggu, karena jika touchpad tidak bisa digunakan, maka aktivitas Anda akan terganggu. Maka pilihlah laptop dengan kondisi periferal yang baik.

Itulah yang harus Anda lakukan saat pertama kali menggunakan laptop bekas. Perhatikan beberapa tips di atas agar Anda bisa menggunakan laptop bekas dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Membeli Laptop Baru atau Bekas"

Post a Comment