Cara Efektif Menyambungkan Koneksi Hotspot Internet Wifi ke Laptop Windows 7

Cara Efektif Menyambungkan Koneksi Hotspot Internet Wifi ke Laptop Windows 7


Windows 7 menjadi salah satu sistem operasi komputer ataupun PC yang sering di pakai oleh penggunanya saat ini, mengapa bisa demikian? Usut punya usut ternyata salah satu kelebihan dasar yang dimiliki oleh windows 7 adalah dikarenakan fitur-fitur didalamnya cukup lengkap dan mudah untuk di gunakan
Cara Efektif Menyambungkan Koneksi Hotspot Internet Wifi ke Laptop Windows 7


Bagi kalian yang ingin menggunakan akses internet untuk laptop dengan sistem operasi windows 7,  pastikan terlebih dahulu jika laptop sudah memiliki spesifikasi yang diperlukan untuk dapat mengakses internet khususnya hotspot wifi, khususnya laptop yang sejak awal menggunakan windows 7 umurnya sudah cukup lama dan tidak mendukung akses internet melalui jaringan wifi.

Bagi laptop yang tidak memiliki built in wifi adapter, kalian dapat membeli adapter wifi di toko komputer dan colokan pada port yang tersedia. Jika kalian sudah memiliki spesifikasi dan jaringan wifi yang dibutuhkan, pada kesempatan ini Repair Laptop akan memberikan cara Menyambungkan Hotspot Wifi ke Laptop Windows 7.

Untuk tahap pertama, pastikan dulu teman-teman paham cara menyalakan wifi di laptop dan kalian harus memastikan terlebih dahulu adanya driver yang mendukung kalian untuk memindai jaringan wifi yang ada. Jika kalian tidak memilikinya, carilah wifi driver untuk windows 7 sesuai dengan spesifikasi laptop kalian, tetapi jika laptop kalian sudah berumur cukup lama dan driver sulit ditemukan cobalah cari driver wifi universal.

Untuk melihat apakah adapter sudah terinstall atau belum, lihatlah pada bagian device manager di laptop. Biasanya driver akan terdetect secara otomatis saat ada jaringan hostpot yang berada di jangkauannya.


Tidak jarang wifi sering mengalami gangguan koneksi dan tidak menerima koneksi yang stabil dikarenakan driver yang sudah sangat jadul dan tidak terupdate. Maka dari pada tahap kedua cara Menyambungkan Hotspot Wifi ke Laptop Windows 7  lakukan update pada driver wifi jika kalian mengalami masalah ini.

Kalian dapat melakukannya dengan cara masuk ke control panel pada bagian hardware and devices, masuk ke device manager.



Nantinya akan ada list semua device yang terpasang di laptop kalian beserta drivernya, carilah driver network. Klik kanan pada driver wifi tersebut dan pilih update driver, nantinya laptop akan secara otomatis mencari update driver yang sesuai.


Hal ini hanya dapat kalian lakukan jika laptop sudah memiliki akses internet terlebih dahulu, maka dari itu jika kalian tidak memiliki akses internet, carilah driver yang sesuai secara offline. Untuk melihat apakah driver sudah terpasang sempurna, lihatlah petunjuk koneksi yang berada pada icon tray bagian kiri bawah layar laptop dan lihat message dari tray yang ada.

Masuklah ke control panel pada bagian network connection, lakukan double click pada manage wireless network yang ada. Kalian juga dapat langsung melakukan klik kiri pada icon tray yang ada. Pada menu bagian kiri, pilihlah bagian refresh network list nantinya akan muncul hotspot wifi yang berada pada jangkauan laptop kalian.



Yang harus kalian tahu koneksi wireless itu memiiliki 2 jenis yaitu unsecured dan secured. Unsecured. Tidak seperti namanya unsecured bukan berarti jaringan wifi berbahaya, tetapi jaringan unsecured tersebut memiliki fungsi pergerakan data yang ada tanpa mengalami enkripsi terlebih dahulu sehingga data yang bergerak dapat terlihat dengan jelas.

Wifi yang berada pada jenis secured dapat memiliki akses jika dibutuhkan password sesuai dengan standar WPA atau WPA2. Melalui metode ini, jaringan wifi tidak bisa diakses sembarang orang begitu saja. Maka dari itu jika kalian ingin mengakses wifi, usahakanlah untuk menggunakan jaringan wifi yang masuk dalam kategori secured.

Biasanya laptop dengan sistem operasi windows 7 akan langsung menghubungkan diri dengan wifi yang masuk dalam jenis unsecured, kalian akan mendapat IP address dinamik. Biasanya wifi unsecured adalah wifi yang berada pada daerah publik seperti restoran, kafe, dan lain-lain.

Jika kalian tidak terhubung secara otomatis ke wifi unsecured atau ingin menghubungkan diri dengan jaringan wifi yang secured, pilihalah jaringan yang ingin dihubungkan. Wifi akan terhubung secara otomatis jika wifi memang open, IP address akan langsung didapatkan. Tetapi jika wifi masuk dalam jenis secured, kalian harus memasukan security password terlebih dahulu. cara Menyambungkan Hotspot Wifi ke Laptop Windows 7 cukup mudah dan windows pun memberi instruksi yang memudahkan penggunanya.


Itulah Cara Efektif Menyambungkan Koneksi Hotspot Internet Wifi ke Laptop Windows 7. Semoga cara tersebut dapat memudahkan Anda ketika Menyambungkan Koneksi Hotspot Internet Wifi ke Laptop Windows 7.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Efektif Menyambungkan Koneksi Hotspot Internet Wifi ke Laptop Windows 7"

Post a Comment