Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

Cara Mudah Menghubungkan HP Ke Laptop atau Komputer

Cara Mudah Menghubungkan HP Ke Laptop atau Komputer


Perangkat seperti smartphone atau HP selalu di bekali dengan kabel data atau yang lebih di kenal dengan nama familiar kabel USB dan malah sekarang ini sudah ada OTG juga. Kabel data atau kabel USB dapat digunakan oleh berbagai jenis perangkat Android dan selain perangkat Android. Ujung kabel USB yang bernama Micro USB di sambungkan pada HP, sedangkan ujung kabel yang bernama konektor Standar A-USB yang biasa di sambungkan pada charger dapat di sambungkan pada Laptop. Di pasaran pun banyak beredar produk USB sesuai tipe HP yang sesuai.


Cara Mudah  Koneksi HP ke Laptop atau Komputer


Manfaat kabel USB, selain dapat di gunakan untuk mengisi daya baterai HP pada laptop, kabel USB juga di sambungkan pada Laptop untuk memindahkan beragam jenis file yang tersimpan pada HP. Sebaliknya, kabel USB juga dapat memindahkan jenis file dari laptop ke HP. Umumnya, jenis file yang di pindahkan diataranya, file foto, musik, video, dan jenis file yang mendukung. 
Keunggulan menggunakan kabel USB adalah dapat memback up data-data yang penting sehingga jika terjadi kerusakan atau hilang, mempunyai salinannya pada laptop. Beragam cara koneksi HP ke Laptop berdasarkan versi HP dan jenis perangkatnya, berikut penjelasan cara koneksi HP ke Laptop.

Cara Menghubungkan Koneksi HP Perangkat Android Kitkat ke Laptop / PC

Sebelumnya kita telah membahasa cara menyambungkan wifi ke laptop nah sekarang cara koneksi HP ke Laptop dengan menggunakan perangkat Android Kitkat dan setelahnya dengan cara menyambungkan HP dan Laptop melalui kabel USB. Terdapat dua jenis model koneksi pada jenis perangkat ini, koneksi sebagai media device atau MTP dan koneksi Camera atau PTP.
Cara koneksinya, saat HP sudah terkoneksi dengan Laptop akan muncul sebuah pemberitahuan untuk memilih jenis koneksi apa yang hendak di pilih, koneksi media device atau koneksi kamera dengan menarik layar pada HP.

Secara otomatis, perangkat jenis ini terkoneksi dalam mode media device atau MTP. Dengan mode koneksi ini, koneksi HP dengan Laptop terperintah sebagai media penyimpanan file. Hal itu, bisa digunakan untuk memindahkan atau menyalin file dari HP ke Laptop atau sebaliknya. Tampilan mode ini seperti folder yang berisi file-file yang mendukung pada Laptop.
Cara koneksi HP ke Laptop dalam mode Camera atau PTP, HP dengan Laptop akan terperintah sebagai kamera. Artinya, dalam mode cara koneksi HP ke laptop ini dapat memindahkan file foto dari HP ke Laptop dengan bantuan software kamera. Dengan catatan, file yang dapat dipindahkan hanya file yang berkaitan dengan kamera saja, yaitu file jenis foto dan video.

Menghubungkan Koneksi Perangkat Smartphone OS Android Jelly Bean ke Laptop

Cara koneksi HP ke laptop dengan menggunakan perangkat Android Jelly Bean dan versi sebelumnya dengan cara menyambungkan kabel USB pada HP dengan laptop. Pada cara koneksi HP ke Laptop ini memiliki beberapa jenis mode pilihan koneksi. 
Sama halnya dengan cara koneksi HP ke Laptop dengan menggunakan perangkat Android Kitkat. Perbedaannya, pada koneksi perangkat Android Jelly Bean memiliki dua tambahan mode koneksi, yaitu mode USB Mass Storage atau UMS dan mode charger only.

Saat HP dan Laptop terkoneksi, maka secara otomatis perangkat Android Jelly Bean memberi sebuah notifikasi untuk memilih mode koneksi apa yang hendak dipilih. Koneksi mode UMS, perangkat Android akan berhenti bekerja jika Laptop mendapat ijin untuk mengaksesnya. Sebaliknya, aplikasi yang terinstal pada HP pun tidak berjalan. 
Mode koneksi ini, memiliki standar seperti flashdrive atau external drive sehingga Laptop dapat mengakses keseluruhannya. Tampilan pada windows explorer di Laptop, akan menyajikan tampilan tempat penyimpanan data seperti Drive E untuk penyimpanan SD Card dan Drive H.
Jika memilih cara koneksi HP ke Laptop dalam mode charger only, maka koneksi HP dengan Laptop hanya untuk mengisi daya baterai HP. Laptop tidak mendeteksi file apapun pada perangkat Android Jelly Bean.

Menghubungkan Koneksi HP ke Laptop Menggunakan Device MacOS

Cara koneksi HP ke Laptop dengan menggunakan MacOS perlu menggunakan program ketiga, yaitu mengunjungi situs Android file transfer di Mac dengan mengunjungi android.com/filetransfer melaui mesin pencarian safari untuk mengunduh filenya.
Cara kerjanya, klik icon Download Now untuk memulai mengunduh file instalasi program ke  Mac. Selanjutnya, membuka file instalasi yang ditarik pada folder Utilities. Membuka folder dengan cara klik menu Go pilih Appications pada dekstop. Pilih Open saat perangkat Android mendapat perintah untuk menjalankan aplikasi. Perlu di catat, perintah tersebut hanya tampil sekali saat pertama kalinya aplikasi terpasang. Pada HP, bukalah kunci layar HP untuk mengakses file dan sambungkan HP ke Laptop menggunakan kabel USB. Jika pengaturan sudah benar, mode koneksi Android file transfer akan muncul pada layar. Bukalah notifikasi dengan cara menarik layar HP ke bawah, lalu pilih opsi USB untuk mengakses file pada HP melalui Laptop.

Menghubungkan Koneksi HP ke Laptop Menggunakan OS Windows

Cara koneksi HP ke Laptop menggunakan Windows dengan cara menyambungkan HP perangkat Android ke Laptop melalui kabel USB. Bukalah notifikasi yang muncul pada layar HP dengan menarik layar HP ke bawah. Pilih opsi USB untuk memilih dalam mode USB dan pilih file transfer, atau mode media transfer, atau pilihan mode MTP. Koneksi mode ini yang terhubung pada Mac akan menampilkan file isi pada Android file transfer. 
Biasanya, Windows akan memasang perangkat yang diperlukan HP agar dapat terkoneksi ke Laptop. Jika proses perangkat gagal atau gagal menemukan perangkat, sebaiknya pasang perangkat dari pabrik HP. Selanjutnya, buka jendela Laptop untuk melihat seluruh perangkat dan koneksi yang terhubung antara HP dan Laptop.

Klik ganda pada HP akan memungkinkan meihat jenis HP pada jendela Laptop. Secara otomatis, HP akan tampil pada bagian Device and Drives atau Device With Removable Storage. Setelah HP tampil pada layar Laptop, maka dapat melihat berbagai folder berisi file-file. Jenis folder yang terbaca, diantaranya folder DCIM yang berisi file kamera, pictures, videos, music, dan folder ringtones. Setelah selesai mengakses file, sebaiknya klik icon safely remove hardware yang berada pada pojok kanan bawah pada dekstop kemudian klik eject.

Menghubungkan Koneksi HP ke Laptop Menggunakan AirDroid for Wireless

Cara koneksi HP ke laptop menggunakan AirDroid for Wireess sangat memungkinkan untuk perangkat laptop jenis Mac dan Windows. 
Caranya, membuat akun AirDroid terlebih dahulu untuk memudahkan proses cara koneksi HP ke Laptop.  Klik entri sign up, lalu ikuti petunjuk selanjutnya yang tertara pada layar. Selanjutnya, mengunduh AirDroid pada Laptop yang bisa di dapatkan pada situs airdroid.com.


Setelah selesai proses mengunduh selesai, jalankan program instalasi untuk memasang perangkat dekstop AirDroid. Selanjutnya, buka aplikasi akses jaringan AirDroid pada Windows Farewell. Setelah mendapat ijin, Laptop secara otomatis dapat mengakses file HP dari jauh.
Itulah cara Menghubungkan Koneksi HP Ke Laptop / PC. Semoga cara cara tersebut dapat membantu dan memudahkan anda ketika Menghubungkan HP Ke Laptop atau Komputer

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menghubungkan HP Ke Laptop atau Komputer"