Cara Belajar menggunakan Teknik Pomodoro

Cara Belajar menggunakan Teknik Pomodoro

Belajar adalah sebuah hal yang membosankan oleh sebagian orang, namun disisi lain belajar merupakan sebuah kebutuhan. Banyak permasalahan yang muncul untuk mengganggu proses pembelajaran kita, sehingga kita harus mengubah cara belajar kita, salah satunya dengan teknik pomodoro.

Cara Belajar menggunakan Teknik Pomodoro



Cara Belajar menggunakan Teknik Pomodoro dapat mengatasi Cara belajar yang membosankan tentu sangat berpengaruh terhadap hasil dari proses pembelajaran kita. Teknik dalam belajar tentu sangat diperlukan agar kita dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Berbagai cara tentu akan kita tempuh untuk mendapatkan sebuah hasil yang baik. Namun apabila kita tidak mengerti tekniknya, tentu proses pembelajaran kita akan kurang maksimal.

Untuk menghindari banyaknya permasalahan tersebut, salah satu tips yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan cara belajar menggunakan teknik pomodoro. Teknik pomodoro merupakan sebuah teknik belajar yang memanfaatkan blok waktu dalam pelaksanaannya. Bagaimana Teknik pomodoro itu?

1. Menentukan Topik yang Akan Dipelajari

Cara belajar pertama yang dapat dilakukan adalah dengan cara menentukan topik apa yang akan dipelajari. Maksud dari point pertama dimaksudkan agar kita terfokus pada satu topik. Hal ini bertujuan agar kita dapat mendalami dari sebuah topik tersebut. Sebagai contoh jika kita ingin memahami bahasa C++ maka fokuslah belajar bahasa C++ tanpa mencoba belajar Java, Kotlin, ataupun yang lainnya. Sehingga otak kita akan semakin mudah mengingat apa saja yang sedang dipelajari.

2. Mengatur waktu

Hal yang tidak kalah pentingnya sesudah menentukan sebuah topik adalah mengatur waktu. Aturlah waktu yang tepat untuk belajar. Carilah waktu dimana kita dapat mendapatkan suasana tenang sehingga akan lebih mudah untuk fokus dalam belajar. Ada beberapa waktu yang disarankan untuk belajar, diantara banyaknya waktu untuk belajar penulis lebih menyukai belajar di malam hari, terutama tengah malam sampai pagi. Sedikit catatan bahwa setiap orang memiliki waktu fokus belajar yang berbeda beda.

3. Fokus

Fokus akan didapat setelah kita dapat menentukan topik yang akan dipelajari serta dapat mengatur waktu belajar kita. Fokus sangat membantu dalam proses pembelajaran, karena jika kita sudah fokus tentu apa yang kita pelajari akan mudah untuk dicerna. Bahkan jika kita fokus, soal yang biasa kita kerjakan selama 1 jam pun bisa kita kerjakan dalam waktu 15-30 menit. Carilah tempat dan waktu yang tepat agar kita bisa fokus dalam belajar.

4. Belajar 25 menit istirahat 5 menit

Ciri khas teknik pomodoro sebenarnya ada pada point ini. Setelah kita dapat menentukan topik, mengatur waktu, serta mencari fokus dalam belajar, hal selanjutnya yang wajib dilakukan dari teknik ini adalah belajar selama 25 menit dan istirahat selama 5 menit. Hal ini dilakukan agar otak selalu segar. Dalam waktu 5 menit ini kita dapat memanfaatkannya untuk ngemil makanan ataupun mencoba scroll twitter atau instagram untuk menyegarkan otak setelah 25 menit kita belajar.


Nah itulah Cara Belajar menggunakan Teknik Pomodoro. Semoga dengan menerapkan teknik ini kita bisa semakin semangat dalam belajar karena kita akan terlalu stres dalam melaksanakan pembelajaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Belajar menggunakan Teknik Pomodoro"

Post a Comment