Tips Menghadapi New Normal

Tips Menghadapi New Normal


Tahukah Anda cara menjalani new normal di tengah keadaan yang abnormal? Tentu ini merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi kita bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan baru tentu dengan keadaan yang baru pula. 

Tips Menghadapi New Normal

Apa itu new normal?

New Normal adalah sebuah usaha untuk melakukan aktivitas seperti biasa dengan keadaan atau situasi yang baru dengan harapan kita dapat beradaptasi dan akan terbiasa dengan keadaan baru tersebut. New Normal atau Kenormalan Baru, kewajaran baru, Normal Baru juga sebelumnya merupakan sebuah istilah dalam bisnis dan ekonomi yang merujuk kepada kondisi-kondisi keuangan usai krisis keuangan. Contoh penerapan new normal pernah dilakukan pada krisis keuangan pada tahun 2007-2008, resesi global 2008–2012, dan sekarang kita akan menerapkan normal baru ini pada situasi pandemi COVID-19.

Apa tujuan new normal?

Tujuan new normal adalah untuk membiasakan masyarakat agar dapat beradaptaasi dan terbiasa dengan keadaan baru. Ditengah pandemi COVID-19 ini masyarakat diharapkan dapat hidup berdampingan dengan virus corona ini. 

Banyak orang yang berkata bahwa langkah ini merupakan langkah yang kurang tepat disaat kondisi negeri ini masih banyak yang terjangkit virus ini bahkan beberap hari yang lalu terjadi peningkatan angka pasien positif. Ada sebuah grafik juga yang menyebutkan bahwa Indonesia saat ini masih dalam kondisi abnormal yang jika normal baru dilakukan dikhawatirkan akan terjadi corona gelombang 2.

Namun disisi lain sudah banyak orang yang keadaan ekonominya memprihatinkan mengingat banyak sekali pekerja yang dirumahkan sebagai dampak dari virus covid-19 ini. Jika kita melihat hal tersebut saja tentu new normal harus dilakukan karena mau sampai kapan ekonomi akan berhenti ditengah pendemi ini dan memakan semakin banyak korban?

Terlepas dari dua sisi argumen yang berbeda tentu ini menjadi sebuah perhatian bagi kita untuk bagaimana caranya kita bisa kembali ke kehidupan normal. Caranya sangat mudah, patuhi aturan, patuhi protokol kesehatan, dan hiduplah dengan tingkat disiplin yang tinggi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam menjalankan normal baru ditengah pandemi ini. Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa saja tips menghadapi new normal?

Selalu Menjaga Kesehatan

Tips pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara selalu menjaga kesehatan kita agar daya tahan tubuh kita kuat. Daya tahan tubuh sangat penting diperhatikan saat pendemi ini mengingat orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah akan lebih mudah terkena virus ini. Oleh karena itu, jagalah kesehatan Anda agar kita dapat terhindar dari virus ini. Lakukanlah olahraga ringan secara teratur dengan diiringi rajin mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.


Cek Suhu Tubuh

Hal yang harus dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona ini adalah dengan selalu lakukan pengecekan suhu tubuh kita sebelum memasuki sebuah kawasan. Sebagai contoh ketika kita akan mamasuki pusat perbelanjaan, tentu kita wajib mencuci tangan terlebih dahulu dan harus selalu ada petugas yang memeriksa suhu tubuh kita, jika kita memiliki suhu tubuh yang dirasa normal maka kita boleh masuk dan jika tidak silahkan untuk pulang. Namun, sayangnya protokol pengecekan suhu tubuh ini dirasa masih kurang ketat karena kami mendapati pengecekan suhu tubuh ini tidak untuk semua orang.

Selalu Menjaga Jarak

Langkah selanjutnya ketika sudah menjaga kesehatan adalah dengan selalu menjaga jarak ketika kita beraktivitas di tempat umum. Jika kita akan melaksanakan shalat berjamaah tetaplah menjaga jarak antar jamaah guna mencegah penyebaran virus COVID-19 ini. Jika kita akan bepergian dengan menggunakan angkutan umum, berikanlah jarak antar penumpang. Selanjutnya jika kita sedang antri membeli makanan, selalu diingat agar untuk mengantri dengan jarak yang telah disediakan. Bagaimanapun kondisinya, usahakan untuk selalu menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona ini.

Hindari Untuk Berjabat Tangan

Karena saat ini kita masih dalam suasana lebaran, tentu ada beberapa orang yang selalu tidak sadar untuk mengajak kita berjabat tangan sebagai simbol meminta maaf. Kita harus dapat memberikan proteksi terhadap diri kita untuk menghindari untuk berjabat tangan dengan orang lain. Jika kita sudah terlanjur berjabat tangan dengan orang lain, maka sesegera mungkin untuk mencuci tangan kita atau minimal menggunakan handsanitizer untuk membersihkan tangan kita karena kita tidak tahu orang yang telah berjabat tangan dengan kita kondisi sebelumnya bagaimana. 

Hindari Untuk Memegang Wajah

Karena kita terkadang tidak sadar dalam melakukan suatu hal, oleh karenanya hindarilah untuk memegang bagian wajah kita karena kita tidak tahu apakah yang dipegang oleh kita tadi bersih dari virus atau tidak. Sebagai contoh ketika saat berbelanja, tentu kita akan memegang barang-barang yang sebelumnya kita tidak tahu barang tersebut sudah dipegang oleh siapa dan bagaimana kondisinya.

Gunakan Masker Saat Bepergian

Hal yang penting dilakukan dan kadang beberapa orang masih kurang terbiasa adalah dengan menggunakan masker ketika hendak keluar rumah. Gunakanlah masker setiap Anda akan keluar dari rumah dan gantilah masker yang kita gunakan. Jika masker kita adalah masker kain yang dapat dicuci, maka rutinlah untuk mencuci masker kita setelah digunakan.

Hindari Kerumunan

Hindari kerumunan banyak orang, jika tidak terlalu penting dan masih ada opsi lain, lebih baik Anda hindari kerumunan tersebut karena bisa saja protokol kesehatan di tempat tersebut tidak diterapkan jika pengunjungnya membludak. Selain itu, kurangi dan hindari terlebih dahulu untuk nongkrong jika hanya sekedar ngobrol ngaler ngidul ga jelas. 

Rajin Mencuci Tangan dengan sabun

Rajinlah mencuci tangan dengan sabun sebagai cara terampuh dalam memutus mata rantai virus. Jika kita berada di tempat umum, maka rajinlah untuk mencuci tangan kita setelah beraktivitas, selain itu jika selesai beraktivitas dan kita akan kembali ke rumah maka cucilah tangan kita sebelum memasuki rumah agar kita dapat memutus mata rantai virus yang mungkin ada pada tangan kita.

Gunakan Hadsanitizer

Jika di tempat umum tidak tersedia atau mengantisipasi tidak adanya tempat mencuci tangan, alangkah lebih baiknya agar kita selalu membawa handsanitizer saat bepergian agar kita bisa lebih rajin mencuci tangan kita. Namun kami lebih menyarankan jika ada tempat mencuci tangan, maka lebih baik kita mencuci tangan dengan sabun juga, baru setelah itu gunakanlah handsanitizer.

Mandi Setelah Keluar Rumah

Jangan lupa mandi setelah keluar rumah. Bersihkan diri Anda dengan mandi yang bersih agar kita semakin yakin dengan kebersihan diri kita ketika akan kembali beraktivitas di rumah. Jangan lupa juga untuk mencuci baju kita setelah bepergian.

Ganti dan Cuci Baju Setelah Keluar Rumah

Sebagai Antisipasi penyebaran virus covid 19 ini ada baiknya agar kita selalu menggunakan pakaian kita sekali pakai dalam artian jika sudah digunakan maka langsung ganti dan cuci pakaian kita. Bahkan jika bisa semisal kita mengganti baju kita di kamar kita, maka langsung bersihkan lantai kita dari pintu masuk tadi sampai ke kamar dengan mengepelnya dengan sabun anti kuman yang banyak dijual dipasaran.


Itulah Tips menghadapi normal baru. Mari kita tetap berusaha untuk memutus rantai penyebaran covid-19 ini dimulai dari diri sendiri agar kita bisa kembali menjalani kehidupan yang nomal seperti dahulu kala.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi New Normal"

Post a Comment