Kenali 4 Tanda Berikut Agar Motherboard Laptop Kamu Tidak Rusak Parah (UPDATE 2020)

Kenali 4 Tanda Berikut Agar Motherboard Laptop Kamu Tidak Rusak Parah (UPDATE 2020)

Motherboard merupakan salah satu komponen utama pada perangkat elektronik terutama komputer seperti namanya “mother” (induk) atau “main” (utama) dan “board” (papan) komponen ini adalah salah satu tempat untuk terhubung dengan semua komponen pada komputer.


Motherboard laptop kamu hang? yuk simak penjelasan berikut ini agar kamu mendeteksi 4 kemungkinan yang bisa membuat motherboard laptop kamu menjadi rusak sebelum benar - benar tidak bisa digunakan

Oleh karena itu kerusakan pada motherboard akan membuat seluruh komputer tidak berfungsi, termasuk data penting yang terdapat pada Hard Disk Drive tidak akan bisa diakses kecuali Hard Disk Drive dicabut atau dikeluarkan dari komputer dan dihubungkan ke komputer lain atau dengan konektor misalnya SATA ke USB. 


Pada artikel ini akan dibahas mengenai ciri-ciri kerusakan moterboard untuk diketahui sehingga sekiranya dapat menghindarkan Anda dari resiko kehilangan data penting di komputer. Berikut ini adalah ciri ciri motherboard laptop rusak. 



Motherboard Bisa Rusak Karena Komputer Not Responding


Ciri ciri motherboard laptop rusak yang pertama adalah komputer not responding. Komputer yang sering mengalami hang atau not responding umumnya disebabkan oleh sistem operasi yang sudah lama digunakan dan jarang di maintenance atau di tune up sehingga sistem operasi semakin tidak optimal dalam bekerja.

Kondisi Hard Disk Drive yang sudah lama tidak digunakan dan jarang di maintenance juga dapat menyebabkan komputer sering hang dalam waktu yang sangat lama bahkan sampa harus di restart paksa. Atau kabel data yang menghubungkan Hard Disk Drive dengan motherboard yang rusak atau tidak terhubung dengan baik sehingga proses reading file menjadi sangat terhambat dan mengakibatkan hang. Jika komputer sering mengalami hang ada kemungkinan bahwa terjadi kerusakan pada port SATA atau IDE hal ini tergantung Hard Disk Drive yang digunakan.


Kemungkinan Motherboard Rusak Bisa Jadi Karena Slot RAM Pada Motherboard Kemungkinan Rusak 


Slot memory yang terdapat pada motherboard umumnya lebih dari satu pada motherboard komputer PC Desktop umumnya memiliki setidaknya 2 slot memory bahkan ada yang sampai 4 dan 6 slot.  Namun pada laptop umumnya hanya memiliki satu slot saja dan maksimal 2 slot, namun tidak dipungkiri jika ada laptop yang memiliki slot lebih dari 2 namun sangat jarang sekali ditemukan. Slot memory tersebut terhubung langsung dengan memory RAM.

Oleh sebab itu apabila kondisi memory sudah dipastikan dapat bekerja dengan baik, maka ada kemungkinan salah satu memory atau motherboard tidak terpasang dengan baik atau bisa jadi slot memory kotor atau berkerak karena usia pemakaian yang sudah cukup lama.


Tampilan Layar Komputer Hitam Juga Bisa Menyebabkan Motherboard Laptop Tidak Berjalan Degan Semestinya


Ketika motherboard rusak, maka tampilan layar akan hitam. Tampilan layar yang hitam menandakan bahwa motherboard rusak, hal ini tentu akan sangat mengganggu. Karena jika motherboard tidak rusak, maka layar tidak akan blank atau berwarna hitam. 

Layar komputer hitam kemungkinan ada salah satu komponen pada motherboard yang tidak berfungsi dan mati atau saluran nya mengalami kerusakan.


Kemungkinan Besar Motherboard Bisa Rusak Adalah Terdengar Bunyi Beep Terus-Menerus


Jika terdengar bunyi beep terus-menerus itu artinya motherboard Anda mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi pada motherboard menimbulkan bunyi beep beep yang berlangsung secara terus-menerus. Agar hal ini tidak terus terjadi ada baiknya Anda memperbaiki motherboard ke tukang service agar bisa kembali digunakan.

Ciri ciri motherboard laptop rusak yang sudah dijelaskan bisa menambah pengetahuan Anda, agar ketika ciri ciri diatas ditemukan, Anda tahu jika motherboard mengalami kerusakan


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali 4 Tanda Berikut Agar Motherboard Laptop Kamu Tidak Rusak Parah (UPDATE 2020)"

Post a Comment