Cara Belajar menggunakan Teknik Feynman

Cara Belajar menggunakan Teknik Feynman

Cara belajar bagi seorang pelajar atau mahasiswa merupakan hal yang sangat penting. Cara belajar yang efektif tentu sangat dibutuhkan karena belajar merupakan hal yang sangat melelahkan. Sebenarnya ada hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi agar proses pembelajaran tersebut tidak membosankan dan menjadi proses belajar yang asik.

Cara Belajar menggunakan Teknik Feynman


Cara belajar efektif yang patut Anda coba adalah teknik belajar Feynman, Cara belajar Feynman  sangat cocok untuk Anda yang suka praktik dan berinteraksi dengan orang lain karena kamu akan seolah-olah menjadi seorang guru yang memberikan materi yang kamu pelajari kepada orang lain. 

Teknik belajar Feynman ini diciptakan oleh Richard Philip Feynman seorang peraih nobel fisikawan terkenal. Cara belajar Feynman dikenalkan pertama kali dalam buku “Genius: The Life and Science of Richard Feynman” pada tahun 1993. Cara belajar efektif dengan teknik Feynman memiliki beberapa langkah, yaitu sebagai berikut.

1. Pilih Sebuah Topik atau Materi Lalu Catat Poin-Poin Pentingnya

Langkah pertama dari teknik ini adalah menentukan materi yang akan dipelajari kemudian fokuslah untuk mempelajari materi tersebut, selagi dipelajari catatlah beberapa poin penting dari materi yang Anda pelajari untuk dijadikan pokok bahasan saat menjelaskan kepada orang lain.

2. Ajarkan Materi Tersebut dengan Penjelasan menggunakan Bahasa yang Sederhana

Setelah Anda memiliki catatan poin-poin penting dari materi yang telah dipelajari, cobalah untuk mempraktikan pemahaman Anda dengan menjelaskan materi tersebut kepada orang lain dengan bahasa yang sederhana. Jika tidak ada orang yang bisa diajak berinteraksi kamu dapat menjelaskan materi tadi sesederhana mungkin seolah Anda sedang mengajarkan dan memberikan penjelasan kepada orang awam. Anda bisa menulis sebuah narasi ataupun berbicara sendiri di hadapan cermin.

3. Evaluasi Poin Mana yang Masih Menjadi Gap dalam Menjelaskan

Dari hasil praktek menjelaskan materi tadi maka Anda sendiri akan mengetahui poin-poin mana saja yang sudah Anda kuasai dan mana yang belum Anda kuasai. Ketika ada poin yang masih sulit untuk dijelaskan itu artinya Anda belum memahami poin tersebut sehingga Anda perlu mendalami kembali poin-poin tersebut.

4. Pelajari yang Menjadi Gap Kamu Lalu Ajarkan Kembali

Pelajari lagi poin-poin materi yang belum dikuasai sebelumnya sampai Anda benar-benar memahaminya dan bisa menjelaskan dengan lebih sederhana lagi dengan bahasa Anda sendiri. Kemudian, ajarkan kembali materimu kepada orang lain atau seolah-olah Anda sedang mengajarkan kepada orang awam, lakukan terus-menerus hingga materi yang Anda pelajari telah benar-benar dikuasai.


Teknik Feynman dalam belajar ini merupakan cara yang efektif dan dapat membantu Anda untuk mengetahui letak kelemahan kamu pada suatu materi, selain itu belajar dengan teknik ini dapat mengasah kemampuan mengajar kamu dan memberikan penjelasan kepada orang lain. Bagi yang tidak cocok menggunakan teknik ini, Anda bisa mencoba juga menggunakan teknik pomodoro.

Baca Juga : Cara Belajar Menggunakan Teknik Pomodoro


Itulah Cara Belajar efektif menggunakan Teknik Feynman.  Semoga dengan menggunakan teknik ini Anda bisa lebih mudah untuk memahami pembelajaran.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Belajar menggunakan Teknik Feynman"

Post a Comment