3 Cara Mengatasi Ketombe

3 Cara Mengatasi Ketombe

3 Cara Mengatasi Ketombe - Rambut yang berketombe tentunya sangat menggangg aktivitas kita. Ketombe adalah serpihan kulit kepala berwarna putih, serpihan ini mudah terlihat di kepalabdan berjatuhan ke bahu. Meski ketombe tidak menular dan sangat jarang menjadi penyakit serius, memiliki ketombe di kepala dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengurangi kenyamanan dalam beraktivitas. Ketombe dapat disebabkan oleh pertumbuhan dan kerontokan sel kulit kepala yang terlalu cepat.Hal itu disebabkan oleh gangguan terhadap sel penghasil minyak di kulit kepala, yang membuatnya terlalu banyak memproduksi minyak kulit. 


Bagaimana Gejala ketombe?


Seseorang yang berketombe dapat merasakan beberapa gejala berupa kulit kepala bersisik dan terasa gatal. Namun jangan anggap remeh pula ketombe pada diri Anda. Jika dibiarkan dan tidak ditindaklanjuti secara serius, ketombe pun dapat dialami dengan gejala yang serius. Segera lakukan pemeriksaan langsung ke dokter jika anda mengalami gejala serius dibawah ini.

Banyak yang menimbulkan rasa sangat gatal pada kulit kepala.
Membuat kulit kepala memerah.
Tidak membaik setelah sebulan meski menggunakan shampo antiketombe.
Memyebar ke area tubuh lain, Seperti telinga, alis, hidung, dan cambang.
Menyebabkan rambut rontok.

Bagaimana Cara Mengatasi Ketombe?

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Cara Mengatasi Ketombe yang pertama adalah dengan mengonsumi Makanan yang mengandung omega-3. Omega-3 sangat baik untuk kesehatan kita, terutama untuk perkembangan otak. Dismping itu, ternyata asam lemak omega-3 juga baik untuk kesehatan kulit, termasuk juga untuk kulit kepala. Jika kekurangan asupan omega-3, tubuh kita akan mengalami beberapa masalah, seperti kulit kering, rambut kering, dan juga berketombe. Omega-3 sendiri bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi jenis ikan berlemak sehat, misalnya ikan salmon. Jika tidak makan ikan, Kita juga bisa mengonsumsi kacang kenari atau walnut dan kacang kedelai.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Cara Mengatasi Ketombe yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Untuk mengatasi ketombe, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Hal ini disebabkan karena Probiotik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan alergi, bahkan sampai menurunkan kolesterol. Probiotik juga bisa mengurangi munculnya ketombe di kulit kepala kita. Probiotik dapat kita dapatkan pada makanan yang ada di sekitar kita seperti tempe,  keju, dan yoghurt.

3. Kurangi Stres

Cara Mengatasi Ketombe yang terakhir adalah dengan mengurangi stres yang terjadi pada diri Anda. Kondisi stres ini bisa memengaruhi kesehatan kita. Stres bisa mengakibatkan sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah. Ketika sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, tubuh kita tidak bisa melawan mikroba yang ada di tubuh, termasuk jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Oleh karena itu, kurangi dan hindarilah stres pada diri kita untuk mengatasi ketombe yang muncul pada diri Anda.


Itulah 3 Cara Mengatasi Ketombe. Semoga dengan menerapkan cara-cara tersebut Anda dapat mengatasi ketombe Anda dengan mudah, sehingga Anda nyaman kembali dalam beraktivitas.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
3 Cara Mengatasi Ketombe
3 Tips Mengatasi Ketombe
3 Trik Mengatasi Ketombe
Cara Mengatasi Ketombe
Tips Mengatasi Ketombe
Trik Mengatasi Ketombe

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Mengatasi Ketombe"

Post a Comment