Cara Memasang Widget Update Virus Corona

Cara Memasang Widget Update Virus Corona

Cara Memasang Widget Update Virus Corona - Sejak muncul beberapa bulan yang lalu, Virus Corona memang telah sangat meresahkan seluruh penduduk dunia. Hampir seluruh penduduk memiliki kekhawatiran yang tinggi terhadap virus ini karena jika telah terinfeksi oleh virus corona, akibat yang paling fatal adalah kematian. 

Virus Corona atau coronavirus adalah sekumpulan virus dari subfamili Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales. Kelompok virus ini dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia termasuk manusia. Pada manusia, koronavirus menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang umumnya ringan, seperti pilek, meskipun beberapa bentuk penyakit seperti SARS, MERS, dan COVID-19 sifatnya lebih mematikan. 



Kasus corona virus di Indonesia semakin hari semakin parah. Oleh karena itu, kita harus bisa ikut berkontribusi dalam memerangi virus ini. Cara yang paling mudah untuk ikut berkontribusi dalam memerangi virus ini kita hanya cukup diam dirumah sebagai langkah untuk mengurangi penyebaran dari virus corona. 

Namun, sebagai seorang blogger rasanya tidak cukup jika hanya diam saja. Tips-IF sebelumnya telah mencoba berkontribusi dengan memberikan edukasi tentang virus corona ini dalam bentuk artikel yang berjudul Cara Mencegah Virus Corona yang bisa Anda klik disini. Tips-IF pun telah menyebarkan artikel Cara Mencegah Virus Corona ini lewat beberapa media sosial dengan tujuan agar semakin banyak orang yang mengetahui bagaimana Cara Mencegah Virus Corona. Dirasa tidak cukup, kali ini Tips-IF akan memberikan Cara Memasang Widget Update Virus Corona di Blog. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih tau bagaimana perkembangan dari penyebaran virus ini, terutama di Indonesia.

Bagaimana Cara Memasang Widget Update Virus Corona di Blog?


Update kasus virus corona ini sebetulnya dapat dilihat langsung dengan mengakses situs kawal coronaTampilan dari situs tersebut adalah sebegai berikut:


Selain memberikan info yang terupdate, situs tersebut juga memberikan API for Developers yang dimaksudkan untuk para developer untuk menyimpan sebuah widget update virus corona ini pada web atau blog mereka. Daftar kode API yang disediakan adalah sebagai berikut:
  • Data Indonesia :
https://api.kawalcorona.com/indonesia
  • Data di Indonesia berdasarkan Provinsi:
https://api.kawalcorona.com/indonesia/provinsi
  • Global Data:
https://api.kawalcorona.com/
  •  Global Data Positif:
https://api.kawalcorona.com/positif
    •  Global Data Sembuh:
    https://api.kawalcorona.com/sembuh
    •  Global Data Meninggal:
    https://api.kawalcorona.com/meninggal

    Untuk data yang akan saya tampilkan adalah Update virus corona di Indonesia, jadi saya menggunakan data dari  https://api.kawalcorona.com/indonesia . Untuk langkah pembuatannnya hanya tinggal pasang kode yang ada pada widget blog anda. kode tersebut saya dapatkan atas bantuan  Agan Arif Rahman Prasetyo. 


    Cara memasangnya cukuplah mudah, ikuti langkah langkah dibawah ini.
    1. Buka dashboard blogger.
    2. Masuk ke menu tata letak.
    3. Lalu pilih lokasi untuk menampilkan data tersebut .
    4. kemudian klik tambahkan gadget.
    5. Pilih html/javascript.
    6. Selanjutnya pilih menu tampilan dibawah ini.

    Tampilan data update virus corona skala nasional.
    • Silahkan klik disini untuk memasang tampilan 1 seperti dibawah ini.


    • Silahkan klik disini untuk memasang tampilan 2 seperti dibawah ini.

    • Silahkan klik disini untuk memasang tampilan 3 seperti dibawah ini.

    • Silahkan klik disini untuk memasang tampilan 4 seperti dibawah ini.


    Tampilan data update virus corona skala Provinsi.



    • Silahkan klik disini untuk memasang tampilan 1 seperti dibawah ini


    • Silahkan klik disini untuk memasang tampilan 2 seperti dibawah ini

    Jika sudah memilih data yang akan ditampilkan, silahkan copy code tersebut ke widget Anda dan kreasikan tampilannya sesuai yang Anda inginkan.




    Itulah Cara Memasang Widget Update Virus Corona. Gunakan sebaik mungkin untuk membantu menyebarkan info mengenai virus corona ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Ikuti juga intruksi dari pemerintah untuk tidak berkeliaran disekitar rumah untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. Stay safe pembaca setia blog-IF.

    Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan kirim pertanyaan di kolom komentar.


    Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

    Tags:
    Cara Memasang Widget Update Virus Corona
    Cara Memasang Widget Update Virus Corona di Blog

    Cara Memasang Widget Update Virus Corona di Indonesia

    Subscribe to receive free email updates:

    16 Responses to "Cara Memasang Widget Update Virus Corona"

    1. Replies
      1. mohon ijin, salah satu artikel saya tentang corona merekomendasikan pengunjung ke artikel agan yg sangat bermanfaat ini

        Delete
    2. terimakasih mas, sangat membantu, dan ingin bertanya untuk menampilkan data tabel berdasarkan provinsi bagaimana ya..?, maaf newbie

      ReplyDelete
      Replies
      1. Untuk data provinsi tadi kami coba terdapat proteksi tersendiri mas ketika ditampilkan. Akhirnya hanya muncul data nasional saja

        Delete
    3. Covid-19 memang virus paling berbahaya melebihi virus HIV karena virus ini dapat menyerang siapapun tanpa melihat kepemilikan binatang ternak (misalnya flu burung menyerang peternak unggas). Orang yang meninggal juga tidak bisa dimandikan dan disholatkan seperti berita yang beredar.

      Sebagai blogger, kita juga memang harus mencegah penyebaran Covid-19 ini. Dan salah satu caranya kita pasang widget tentang Corona di blog masing-masing.

      Thanks gan sudah berbagi 😁

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yups gan, selain #Dirumahaja sebagai blogger kita pun harus ikut berkontribusi juga, salah satunya dengan memberikan edukasi dan perkembangan virus corona ini.

        Delete
    4. Maksih gan sudah berbagi, jangan lupa mampir ke blog ane ya gan

      ReplyDelete
    5. Terima kasih gan, saya juga nyari2 kemarin buat mengimplementasikan di blog, eh ada di artikel ini

      ReplyDelete
    6. Virus corona lagi mewabah, sangat disarankan untuk menjaga jarak antara 2 meter dari orang lain. Kasus orang yang terkena corona di indonesia sudah semakin meningkat. Untuk melihat seberapa meluasnya penyakit ini bisa lihat di coronavirus map.

      ReplyDelete
    7. bermanfaat sekali, terimakasih sudah memberikan informasi tentang update informasi corona virus

      ReplyDelete