Update kasus covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal
Data di update secara berkala dari kawalcorona.com

7 Tips Menghadapi Ujian

7 Tips Menghadapi Ujian

7 Tips Menghadapi Ujian - Ujian merupakan sebuah cara untuk mengukur kemampuan seseorang. Pelaksanaan ujian dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan seseorang atau peserta didik. Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan keterampilan yang sudah diperoleh. Ujian dapat mendorong seseorang dalam kegiatan pembelajaran baik itu secara wawasan atau pun  pengetahuan lainnya.


Ujian dapat dilaksanakan secara tertulis maupun digital, sebagai contoh ujian menggunakan kertas seperti ujian nasional yang ada di Indonesia walaupun sekarang sudah mulai beralih ke ujian digital menggunakan komputer dan rencananya tahun depan sudah tidak akan lagi ada ujian. Ujian di Indonesia bertujuan untuk penilaian pencapaian kemampuan dengan standar lulusan secara nasional pada pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Di Indonesia salah satu contoh ujian yang diberlakukan untuk mengukur kemampuan diri seseorang yaitu ujian nasional yang berfungsi sebagai penentu kelulusan peserta didik dalam lembaga pendidikan seperti sekolah. Salah satu bentuk ujian yang dapat menguji kemampuan diri seseorang yang diberlakukan di Indonesia selain ujian seperti ujian nasional terdapat pula ujian psikologi yang bertujuan salah satunya untuk mengetahui potensi secara mendasar diri seseorang.

Apa Saja Tips Menghadapi Ujian?

Berdoa!

Tips Menghadapi Ujian yang pertama adalah berdoa. Karena sebuah usaha tanpa sebuah Doa akan terasa sia-sia. Berdoalah agar dilancarkan segala urusannya. Selain berdoa pun kita wajib meminta doa restu dari orang tua kita agar semakin dipermudah dalam segala urusannya terutama menjalani ujian tersebut. Berdoa dan Meminta Doa restu dari orang tua menjadi hal pokok dari 7 Tips Menghadapi Ujian.

Istrirahat yang Cukup

Tips Menghadapi Ujian yang kedua adalah Istirahat yang cukup. Dalam 24 jam, kamu tidak harus memporsir dirimu untuk terus belajar. Kamu juga harus cukup tidur dan di sela belajarmu, kamu juga dapat beristirahat sejenak. Istirahat sangat penting dilakukan karena tentunya otak kita harus sangat segar ketika akan menerima ujian. Dengan otak yang segar, biasanya ujian akan lebih mudah di kerjakan.

Say No to SKS

Mari katakana tidak pada belajar sistem kebut semalam atau yang sering kita kenal dengan SKS. Say No to SKS menjadi tips ke 3 dari 7 Tips Menghadapi Ujian. Ujiannya besok pagi, dan kamu baru membuka materi  untuk ujian malam harinya. Sepanjang belajar tersebut, kamu pasti sudah tegang duluan karena menyadari bahwa materi ujian sangat banyak namun baru kamu pelajari beberapa bab. SKS juga tidak baik  karena mungkin kamu harus begadang hingga akhirnya kamu tidak merasa fit keesokan harinya sampai akhirnya kamu tidak memiliki waktu jam istirahat yang cukup dan otak kamu jauh dari kata segar.

Belajar Efektif Sebelum Hari Ujian

Tips Menghadapi Ujian yang ke 4 adalah dengan cara belajar efektik jauh sebelum hari-H. Dengan belajar dari jauh hari akan membantu kamu mematangkan segala materi ujian. Selain belajar secara mandiri, kamu bisa juga belajar berkelompok agar cara belajarmu tidak monoton. Belajar berkelompok juga dapat memberikan kesempatan bagi kamu dan teman-teman agar dapat saling sharing materi ujian sehingga akan memudahkan kamu memahami apa yang akan ada pada materi ujian tersebut.

Pastikan Perlengkapan Ujian

Tips ke 5 dari 7 Tips Menghadapi Ujian adalah dengan memastikan perlengkapan ujian. Percuma saja jika belajar sudah baik hingga kamu merasa siap ujian, namun saat masuk ruang ujian kamu lupa membawa kartu ujian, alat tulis, atau perlengkapan ujian sebagai syarat mengikuti ujian. kamu pasti akan langsung panik. Maka dari itu saat malam sebelum ujian, pastikan semua perlengkapan ujianmu sudah ada di tas dan siap dibawa.

Makan dan Minum yang Cukup

Tips Menghadapi Ujian yang selanjutnya adalah makan dan minum yang cukup. Kamu harus sarapan dan minum secukupnya sebelum ujian. Kamu pasti tidak mau saat ujian perutmu malah keroncongan dan akhirnya membuatmu tidak fokus mengerjakan soal. Tapi ingat, makan dan minum secukupnya. Jangan sampai malah membuatmu kekenyangan atau terus kebelet ke kamar mandi untuk buang air. Apalagi malah membuat kamu mengantuk saat mengerjakan ujian tersebut.

Rileks dan Tenang

Setelah semua Tips Menghadapi Ujian telah kamu lakukan, hal yang harus kamu lakukan adalah rileks dan tenang. Karena percuma saja jika kamu sudah melakukan Tips Menghadapi Ujian tersebut secara step by step tapi hati kamu masih gelisah. Jadi, sekarang saatnya kalian untuk merilekskan pikiran kalian. Tidur dan rebahanlah sejenak agar kalian tidak terlalu tegang memikirkan ujian.


Itulah 7 Tips Menghadapi Ujian, Tetap semangat untuk menghadapi segala ujian dan jangan lupa terus berdoa.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
7 Tips Menghadapi Ujian
Tips Menghadapi Ujian
7 Cara Menghadapi Ujian
Cara Menghadapi Ujian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Menghadapi Ujian"

Post a Comment