Update kasus covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal
Data di update secara berkala dari kawalcorona.com

3 Tips Dasar Desain Grafis

3 Tips Dasar Desain Grafis


3 Tips Dasar Desain Grafis - Desain grafis merupakan suatu bentuk dari komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi. Desain grafis  berasal dari dua kata, yakni desain dan grafis. Desain dapat didefinisikan sebagai metode perancangan estetika yang didasari dengan kreatifitas, sedangkan  grafis dapat didefinisikan sebagai ilmu dari perancangan titik maupun garis sehingga akan membentuk sebuah gambar yang dapat memberikan informasi serta berhubungan dengan proses pencetakan.



Berdasarkan paparan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa desain grafis ini merupakan sebuah ilmu yang mengandalkan kreatifitas untuk menciptakan sebuah rancangan bentuk gambar dengan tujuan akhir sebagai penampilan visual. Dalam desain grafis ini tentunya memiliki beberapa dasar sehingga kita dapat menghasilkan sebuah desain yang baik. Berikut adalah 3 Tips Dasar Desain Grafis dapat membantu anda dalam membuat sebuah desain grafis yang menarik.

Komposisi

3 Tips Dasar Desain Grafis yang pertama adalah dengan memperhatikan komposisi. Selalu ingat bahwa Cleaner is Better. Kesalahan umum yang terjadi pada orang yang baru saja mencoba desain adalah dalam penggunaan whitespace. Whitespace yaitu ruang kosong, atau ruang negative, yang tidak terisi oleh elemen desain apapun dalam artwork. Kebanyakan orang orang akan bernafsu mengisi semua ruang kosong yang ada, dan orang orang tersebut mengisi ruang tersebut dengan hal hal yang tidak penting dan malah membuat desain anda terlihat rumit dan tidak menarik.

Sebenarnya whitespace adalah elemen desain grafis yang sangat penting,  sebaiknya selalu ada dalam tiap artwork. Whitespace bisa memperlihatkan satu bagian dalam desain kita menjadi lebih dominan. 
Dapat ditarik kesimpulan bahwa kita bisa menggunakan whitespace jika dalam beberapa keadaan, diantaranya: 
  • Kita memiliki artwork yang sangat ingin diperlihatkan.
  • Kita memiliki artwork yang berkualitas tinggi 
  • Kita memiliki artwork yang sudah penuh dengan detail.
whitescape bukan berarti saja space yang berwarna putih, tapi ini sebuah istilah untuk negative space, ruang yang dibiarkan kosong tanpa diisi apapun.

Tipografi

3 Tips Dasar Desain Grafis yang selanjutnya adalah Tipografi. Untuk Tiprografi selalu diingat bahwa keseimbangan antara readability dan style font yang dipakai sangatlah penting terhadap desain yang kita buat. Untuk yang sudah terbiasa dengan desain grafis, tentunya mereka sudah tidak pusing lagi ketika harus memasukkan 3-5 font style dalam satu desain grafis kita. Namun, sebaliknya jika kita bukan desainer atau baru mengenal desain grafis, maka gunakanlah 1-2 font saja dalam satu desain grafis. Untuk kombinasi 2 font tersebut, maka pilih yang readable + stylish, untuk kombinasi yang cantik. kedua font tersebut digunakan untuk tulisan yang berbeda. Stylized font untuk tulisan yang ingin ditonjolkan semacam headernya, dan readable font untuk tulisan kontennya. 

Warna

3 Tips Dasar Desain Grafis yang terakhir adalah dengan memperhatikan warna. Perlu diketahui bahwa kombinasi warna akan menentukan mood. Pemilihan dan kombinasi warna ini menjadi tugas yang lumayan susah. Tak jarang para desainer handalpun memerlukan banyak eksplorasi untuk menemukan warna dan kombinasi warna yang pas. Memilih elemen warna ini memanglah tdiak mudah. Warna betul-betul akan memengaruhi mood desain secara keseluruhan. Selain itu warna juga akan mempengaruhi efektivitas penyampaian pesan pada mereka yang melihat karya kita. Gunakanlah prinsip less is more ketika melakukani kombinasi warna ini. Gunakan warna kontras untuk menonjolkan satu bagian yang memang ingin dikuatkan sehingga desain grafis anda akan lebih menarik.

Itulah 3 Tips Dasar Desain Grafis yang dapat diterapkan saat anda melakukan desain grafis. Semoga Tips ini dapat membantu anda dalam membuat desain anda semakin lebih baik lagi.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
3 Tips Dasar Desain Grafis
3 Cara Dasar Desain Grafis
Tips Dasar Desain Grafis
Cara Dasar Desain Grafis

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips Dasar Desain Grafis"

Post a Comment