Update kasus covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal
Data di update secara berkala dari kawalcorona.com

6 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia

6 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia

6 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia - Tetap sehat di usia tua tentu merupakan impian semua orang. Untuk mencapai impian tersebut terntu kita harus menjaga kesehatan diri kita sejak dini. Menjaga kesehatan sangat penting agar Anda dapat aktif dalam aktivitas Anda setiap hari meskipun Anda berada di usia tua. Jika usia Anda sekarang di atas 50 tahun, Anda harus lebih waspada karena banyak masalah kesehatan yang akan menyerang tubuh anda.


Untuk alasan Menjaga Kesehatan ini, persiapan yang baik diperlukan sejak pra-usia lanjut, (45-59 tahun), bahkan sejak usia muda sehingga kesehatan tetap prima. Meskipun Anda telah mencapai usia tua, itu tidak berarti bahwa aktivitas Anda harus dibatasi, Anda dapat melanjutkan aktivitas Anda tanpa hambatan jika Anda pandai menjaga kesehatan Anda. Namun sebenarnya Anda harus menghindari mengonsumsi suplemen tambahan karena dapat memperburuk kondisi ginjal. Berikut adalah 6 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia.


Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Lansia?

Lakukan Pemeriksaan Medichal Secara Teratur

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia yang pertama adalah dengan melaukakan pemeriksaan Medichal Secara Teratur. Faktor usia lanjut dapat menyebabkan kadar kolesterol dan gula darah meningkat. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, kita dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh yang sebenarnya. Jika kadar kolesterol dan gula darah meningkat, pengobatan harus segera dilakukan untuk menghindari konsumsi makanan tinggi gula dan lemak. Seimbangkan juga dengan melakukan olahraga ringan secara teratur untuk menghindari diabetes, obesitas, dan gangguan jantung.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia yang kedua adalah dengan selalu menjaga kebersihan tubuh. Mandi setidaknya dua kali sehari menggunakan air bersih dan sabun. Langkah tersebut dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari serangan kuman berbahaya. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan dan setelah melakukan kegiatan di luar ruangan. Selain bisa menjaga kebugaran, kebiasaan ini juga bisa membuat Anda nyaman ketika melakukan berbagai aktivitas.

Menjaga Kesehatan Mulut

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia yang selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kesehatan mulut. Menjaga kesehatan dan kebersihan mulut sangat mudah, yaitu dengan rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Jika Anda menggunakan gigi palsu, bersihkan secara teratur sehingga tidak menjadi sarang kuman yang dapat memicu sakit gigi dan radang gusi. Juga lakukan pemeriksaan gigi rutin untuk menjaga kebersihan agar tidak mengembangkan kanker mulut, yang diderita banyak orang lanjut usia berusia 50 tahun ke atas.

Makanlah Makanan Bergizi

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia yang keempat adalah dengan selalu mengjonsumsi makanan bergizi. Jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak boleh gegabah, harus dipilih yang kaya akan nutrisi dan baik untuk tubuh. Beberapa orang lanjut usia juga disarankan untuk melakukan diet karbohidrat agar berat badan mereka terjaga dan terlindungi dari obesitas. Tingkatkan konsumsi buah dan sayuran yang tinggi serat sehingga kebutuhan nutrisi terpenuhi. Sebisa mungkin hindari makan gorengan, makanan cepat saji, dan makanan dengan kadar gula tinggi.

Latihan Rutin

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia yang selanjutnya adalah dengan latihan olahraga ringan secata rutin. Olahraga ringan seperti senam, berjalan, dan berenang yang dilakukan secara teratur dapat membantu menjaga tubuh yang sehat agar tetap bugar. Tidak hanya itu, bergerak aktif saat di rumah seperti menyapu, membersihkan tempat tidur, dan mencuci juga bisa menjaga elastisitas persendian sehingga tidak kaku. Salah satu jenis penyakit yang sering diderita lansia adalah rematik, atau nyeri pada persendian.Masalah kesehatan ini timbul karena mereka jarang melakukan olahraga sehingga akumulasi asam urat di persendian meningkat.

Menghindari Asap Rokok

Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia yang terakhir adalah dengan menghindari asap rokok. Bahayanya dirasakan oleh perokok pasif, jauh lebih besar dari perokok aktif. Karena itu Anda harus menghindari paparan asap rokok sehingga kondisi beberapa organ vital tetap terjaga. Saat bepergian ke luar rumah di mana banyak debu dan asap dari kendaraan bermotor, kenakan masker agar iritasi tidak masuk ke dalam tubuh. Jika Anda merasa tubuh Anda tidak sehat setelah terpapar iritasi ini, segera minum banyak air sehingga racun yang dibawa oleh asap dan debu dapat segera dikeluarkan dari tubuh. Jika tubuh Anda masih bugar Menjaga Kesehatan Anda dengan berolahraga ringan, dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan nutrisi.



Itulah 6 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia. Semoga beberapa tips tersebut dapat membantu kita untuk selalu sehat di hari tua sehingga kita dapat menikmati masa tua kita dengan nyaman.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
6 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia
Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia
6 cara Menjaga Kesehatan Bagi Lansia
Cara Menjaga Kesehatan Bagi Lansia



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Lansia"

Post a Comment