6 Cara Cepat Menghafal Pelajaran

6 Cara Cepat Menghafal Pelajaran


6 Cara Cepat Menghafal Pelajaran - Belajar adalah sebuah hal yang dibilang membosankan oleh sebagian orang, namun disisi lain belajar adalah sebuah kebutuhan. Secara umum, belajar dapat di definisikan sebagai perubahan yang relatif permanen dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan sebuah proses ketika adanya sebuah interaksi antara stimulus dan respons. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan pada perilakunya. Berdasarkan pengertian tersebut, belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respons.



Stimulus didefinisikan sebagai apa saja yang diberikan guru kepada pelajar, sedangkan respons didefinisikan berupa reaksi atau tanggapan pelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru. Proses yang terjadi antara stimulus dan respons tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur, yang dapat diamati adalah stimulus dan respons. Oleh karena itu, apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pelajar (respons) harus dapat diamati dan diukur.

Namun terkadang dalam proses pembelajaran kita kesulitan untuk menghafal pembelajaran tersebut. ketika kita sedang belajar kita ingat dengan apa yang sedang dipelajari, namun jika proses belajar telah selesai, rata-rata kita sering lupa dengan apa yang telah diajarkan dan disitu kita kesulitan untuk menghafal pelajaran. Melihat kondisi tersebut, Tips-IF kali ini akan memberikan 6 Cara Cepat Menghafal Pelajaran.

Bagaimana Cara Cepat Menghafal Pelajaran?

1. Konsentrasi

Cara Cepat Menghafal Pelajaran yang pertama adalah dengan konsentrasi. Konsentrasi sangat dibutuhkan ketika kita menghafal pelajaran. Cobalah untuk menghindari kontak dengan alat komunikasi yang biasanya akan mengganggu aktivitas belajarmu. Cobalah untuk menonaktifkan alat komunikasi kamu terlebih dahulu ketika kamu akan belajar. Hindari juga belajar sambil nonton tayangan vidio, coba carilah tempat yang sepi dan hening sehingga anda dapat belajar dengan konsentrasi penuh.

2. Ulangi

Cara Cepat Menghafal Pelajaran yang kedua adalah dengan mengulang pembelajaran yang telah diajarkan. Ibarat pepatah berkata; Karena semakin sering diasah, pisau akan semakin tajam. pun dengan menghafal memiliki arti yang sama. Jika kita semakin sering belajar maka kita akan semakin mudah untuuk menghafal pelajaran tersebut.

3. Pahami dan Mengerti


Cara Cepat Menghafal Pelajaran yang ketiga adalah dengan memahami dan mengerti apa yang akan dihafal. Menghafal pelajaran tentunya akan semakin lebih mudah jika kamu benar-benar mengerti materi yang kamu hafalkan. Dengan memahami dan mengerti apa yang diajarkan, biasanya anda akan lebih mudah menghafal pelajaran tersebut.

4. Hindari Kebut Semalaman

Cara Cepat Menghafal Pelajaran yang selanjutnya adalah dengan menghindari sistem kebut semalam. Sebagai contoh, akan ada ulangan di esok hari, namun malam ini anda baru menghafal. Memang terkadang di kebut semalaman selalu jadi opsi, namun perlu diingat biasanya orang yang memiliki persiapan yang cukup lama akan lebih banyak memiliki peluang  untuk menghafal semua pelajarannya.

5. Sesuaikan Gaya Belajar


Cara Cepat Menghafal Pelajaran yang kelima adalah dengan menyesuaikan gaya belajar anda. Setiap anak punya kemampuan berbeda untuk menangkap materi yang dipelajarinya. Ada yang lebih mudah menangkap pelajaran dengan mendengarkan (auditori), melihat (visual), atau menggerakkan tubuh (kinestetik). Belajar sambil mendengarkan musik membuat lebih berkonsentrasi. Jangan lupa kenalkan juga dirimu ya.

6. Buat Ringkasan

Cara Cepat Menghafal Pelajaran yang terakhir adalah dengan membuat ringkasam. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk mind map atau peta ingatan. Pilih satu kata paling penting, lalu pikirkan kata-kata yang berhubungan dengannya.
Hubungkan kata-kata itu dengan garis. Kamu juga bisa membuat kartu-kartu kecil berisi ringkasan pelajaran. Tentu lebih mudah untuk menghafal isi mind map dan kartu-kartu kecilmu, bukan?


Itulah 6 Cara Cepat Menghafal Pelajaran dengan mudah. Semoga dengan mempraktekan keenam cara tersebut anda bisa menjadi lebih cepat untuk menghafal pelajaran.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.


Tags:
6 Cara Cepat Menghafal Pelajaran
6 Tips Cepat Menghafal Pelajaran
6 Trik Cepat Menghafal Pelajaran
Cara Cepat Menghafal Pelajaran
Tips Cepat Menghafal Pelajaran
Trik Cepat Menghafal Pelajaran

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Cepat Menghafal Pelajaran"

Post a Comment