Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya - Mimisan merupakan suatu kondisi ketika hidung mengalami pendarahan. Mimisen sendiri memiliki nama ilmiah, yaitu epistaksis. Kondisi mimisan ini sering sekali terjadi pada masa kanak-kanak sampai dengan remaja. Hal ini dikarenakan pembuluh darah hidung pada masa kanak-kanak maupun remaja lebih rawan pecah. Walaupun demikian, kondisi mimisan tidak bisa dibilang berbahaya.



Ketika orang tua pertama kali melihat anaknya mengalami mimisan, ia akan panik untuk mencari pertolongan. Alangkah lebih baik, jika orang tua tersebut mengetahui penyebab mimisan.

Apa Saja Penyebab Mimisan? 

1. Kelelahan

Ketika seseorang kelelahan, maka pembuluh darah pada hidung juga ikut melemah. Pembuluh darah yang lemah memiliki potensi yang sangat besar untuk pecah. Sehingga, hal ini mengakibatkan seseorang dapat mengalami mimisan tanpa adanya benturan pada hidung. Pada orang dewasa, biasanya sering terjadi ketika melakukan olahraga yang berlebihan, seperti jogging dalam waktu lama, bermain sepak bola, basket, dan lainnya.


2. Hidung Cedera

Hidung merupakan salah satu organ pada tubuh kita yang sering atau rawan mengalami cedera, seperti benturan. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika para orang tua lebih mengawasi anaknya ketika sedang bermain.
Sebenarnya, penyebab mimisan yang satu ini tidak hanya dialami oleh anak-anak saja, tetapi orang dewasa juga berpotensi untuk mengalami kejadian yang sama. Contohnya, ketika berkelahi dengan benda keras dan ketika kecelakaan.

4. Sering mengorek hidung

Mengupil merupakan. Namun tahukah kalian, jika mengorek hidung terlalu keras merupakan salah satu pemicu terjadinya mimisan. Hal ini dikarenakan mengorek hidung terlalu keras dapat menyebabkan pembuluh darah halus pada hidung pecah.


5. Perubahan suhu
Penyebab mimisan yang satu ini sangat sering terjadi di wilayah Indonesia. Namun, hal ini tidak akan berpengaruh bagi kalian yang memiliki imunitas tubuh tinggi. Sebaliknya, jika imunitas tubuh kalian menurun ketika suhu sering berubah dalam waktu singkat, maka resiko untuk mengalami mimisan menjadadi lebih tinggi.

Bagaimana Cara Mengatasi Mimisan?

Dari sekian banyaknya penyebab mimisan tadi, Jika kalian atau anak kalian mengalami mimisan, maka jangan panik. Pertama, pastikan posisi kalian dalam keadaan duduk tegak. Hal ini dikarenakan, posisi duduk dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah didalam hidung. Sehingga, pendarahan akan segera berhenti/ Supaya darah tidak masuk tenggorokan, condongkan tubuh kalian ke depan. Kemudian, pencet hidung kalian kurang lebih selama 10 menit. Supaya pendarahan melambat, kompres hidung kalian menggunakan kompres dingin. Setelah mimisan berhenti, pastikan kalian tidak mengorek, membuang ingus, dan melakukan kegiatan yang berat selama 24 jam saja. Karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi kalian nantinya.


Demikianlah pembahasan singkat mengenai Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat . Jangan lupa untuk bagikan artikel ini agar mereka juga tahu Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya.


Tags:
Cara Mengatasi Mimisan dan Penyebabnya
Tips Mengatasi Mimisan dan Penyebabnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment