Cara Mencegah Virus Corona

Cara Mencegah Virus Corona

Cara Mencegah Virus Corona - Sejak muncul beberapa bulan yang lalu, Virus Corona memang telah sangat meresahkan seluruh penduduk dunia. Hampir seluruh penduduk memiliki kekhawatiran yang tinggi terhadap virus ini karena jika telah terinfeksi oleh virus corona, akibat yang paling fatal adalah kematian. Kali ini Tips-IF akan membagikan mengenai apa itu virus corona, penyebab, gejala sampai bagaimana Cara Mencegah Virus Corona.



Apa itu Virus Corona?

Virus Corona atau coronavirus adalah sekumpulan virus dari subfamili Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales. Kelompok virus ini dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia termasuk manusia. Pada manusia, koronavirus menyebabkan infeksi saluran pernapasan yang umumnya ringan, seperti pilek, meskipun beberapa bentuk penyakit seperti SARS, MERS, dan COVID-19 sifatnya lebih mematikan. 

Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kasus kematian. Virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Infeksi virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara sampai akhirnya sekarang sampai ke Indonesia. Hingga saat ini, belum ada vaksin atau obat antivirus untuk mencegah atau mengobati infeksi virus corona pada manusia walaupun sudah ada beberapa negara yang mengklaim berhasil menyembuhkan pasiennya dari virus corona ini. Oleh karena itu kita lebih baik memperlajari bagaimana Cara Mencegah Virus Corona ini agar kita terhindar dari virus tersebut.


Kapan Virus Corona Ditemukan?

Virus Corona sebenarnya telag ditemukan pada tahun1960-an. Virus yang paling awal ditemukan adalah virus bronkitis infeksius pada ayam dan dua virus dari rongga hidung manusia dengan flu biasa yang kemudian diberi nama human coronavirus 229E dan human coronavirus OC43. Namun sejak saat itu, anggota koronavirus yang lain mulai diidentifikasi, termasuk SARS-CoV yang ditemukan pada tahun 2003, HCoV NL63 pada tahun 2004, HKU1 pada tahub 2005, MERS-CoV pada tahun 2012, dan sampai akhirnya SARS-CoV-2 (sebelumnya dikenal sebagai 2019-nCoV) pada tahun 2019 kemarin.

Bagaimana Gejala Virus Corona?

Virus Corona dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, serta demam. Selain itu bisa juga didapat dari gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Secara umum ada 3 gejala umum dari virus Corona, yaitu:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas
Dari hasil penelitian, Gejala terkena virus corona ini muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona. Oleh karena itu disarankan untuk segera ke dokter bila Anda mengalami gejala infeksi virus Corona seperti yang disebutkan di atas, terutama jika gejala muncul 2 minggu setelah kembali dari Cina atau negara lainnya yang sudah mulai terpapar virus corona ini. 

Apa Penyebab Virus Corona?

Penyebab Virus corona ini tentunya disebabkan oleh coronavirus, yaitu sekelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan. Sebagian besar, Coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu. Akan tetapi, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti MERS, SARS, dan pneumonia. Dugaan awal bahwa virus corona ini ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian dapat diketahui bahwa virus Corona ini juga menular dari manusia ke manusia.

Darimana Kita Tertular Virus Corona?

Seseorang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  • Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk orang yang terpapar virus corona.
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID-19.
  • Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19.


Bagaiamana Cara Mendianosis Penderita COVID-19?

Cara Mendiagnosis pasien yang terapapar virus corona dapat dilakukan dengan cara mewawancara pasien tersebut dengan menanyakan gejala apa saja yang dialaminya serta apakah pasien tersebut telah bepergian dari luar negeri. Selanjutnya akan ada pemeriksaan lanjutan dengan beberapa tahap seperti berikut:

  • Uji sampel darah
  • Tes usap tenggorokan untuk meneliti sampel dahak
  • Rontgen dada untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru

Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona?

Dikarenakan sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Oleh karena itu, kita wajib mencegah dengan cara mengetahui bagaimana cara mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh kita. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya:

Hindari bepergian ke negara yang telah ditemukan adanya penularan virus Corona.

Cara Mencegah Virus Corona yang pertama adalah dengan menghindari untuk bepergian keluar negeri dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak langsung terhadap penderita COVID-19 yang ada di negara tersebut. Sangat disarankan untuk menunda berbagai jadwal kita untuk bepergian ke luar negeri agar kita dapat terhindar dari virus Corona.

Gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, terutama di tempat umum atau keramaian.

Cara Mencegah Virus Corona yang kedua adalah dengan menggunakan masker saat beraktivitas. Hal ini bertujuan agar kita lebih memperkecil kemungkinan diri kita terkena virus tersebut, karena kita tidak tahu orang yang sedang beraktivitas di luar apakah mereka sehat atau sudah terpapar virus corona ini.

Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 

Cara Mencegah Virus Corona yang ketiga adalah dengan rutin mencuci tangan kita dengan sabun dan air bersih atau bisa juga menggunakan hand sanitizer untuk memproteksi diri kita dari penularan virus corona. Secara tidak disadari ketika sedang beraktivitas kita tidak akan sadar kita telah memegang apa saja yang secara tidak sadar kita tidak tahu apakah benda tersebut steril atau tidak. Untuk umat muslim, jagalah wudhu kalian setiap saat, karena secara tidak langsung dengan berwudhu artinya kita telah menjaga kebersihan badan kita.

Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. 

Cara Mencegah Virus Corona yang keempat adalah dengan mengurangi kontak dengan hewan. Sebetulnya tidak masalah ketika kita kontak dengan hewan, asalkan kita setelah itu segera mencuci tangan kita dengan bersih.

Masak daging sampai matang.

Cara Mencegah Virus Corona yang selanjutnya adalah dengan menghindari dulu makan daging yang hanya dimasak setengah matang bahkan masih mentah. Oleh karena itu usahakan untuk selalu memasak daging sampai matang agar apabila ada kuman dalam daging tersebut, kuman tersebut telah mati.

Tutup bersin kalian.

Cara Mencegah Virus Corona yang kelima adalah dengan menutup bersin kalian. Menutup bersin ini sangat disarankan menggunakan tisue dan ketika sudah langsung buang ke tempat sampah dan cuci kembali tangan kalian.

Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.

Cara Mencegah Virus Corona yang selanjutnya adalah dengan menghindari kontak tangan dengan mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran virus dari tangan yang kotor melalui alat indra tersebut.

Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit.

Cara Mencegah Virus Corona yang keenam adalah dengan menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Kita tidak tahu orang yang sedang sakit tersebut apakah sakit biasa saja atau terkena virus corona, oleh karena itu kita untuk menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit tersebut. Selain itu jika kita terlanjur telah berdekatan dengan orang yang sedang sakit tersebut maka setelah beres sangat dianjurkan untuk segera mencuci tangan kita atau bahkan mandi agar badan kita bersih kembali.

Jaga kebersihan.

Cara Mencegah Virus Corona  yang terakhir adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Jagalah kebersihan lingkungan anda untuk meminimalisir hidupnya virus corona tersebut, bersihkan juga alat-alat yang sering tersentuh oleh kita agar alat-alat tersebut tidak menjadi rumah kuman.


Bagaimana Cara Mencegah Penularan Virus Corona?

Untuk seseorang yang diduga terkena virus corona, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus tersebut tidak menular ke orang lain.

  • Jangan keluar masuk rumah dengan bebas, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.
  • Usahakan untuk tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. 
  • Mencegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk.
  • Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.
  • Hindari berbagi penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur yang sema dengan orang lain.
  • Pakai masker dan sarung tangan bila sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.
  • Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung, lalu buang tisu ke tempat sampah setelah bersin.


Itulah sedikit ulasan mengenai virus corona serta Cara Mencegah Penularan Virus Corona. Lakukan pencegahan  agar kita bisa terhindar dari virus tersebut. Semoga kita terhindar dari virus corona ini serta tidak ada korban jiwa lagi setelah ini. Selaun itu, diharapkan untuk segera ditemukannya vaksin unruk virus corona ini agar kita bisa kembali beraktivitas dengan aman dan nyaman.


Tags:
COVID-19
Virus Corona
Cara Mencegah Virus Corona
Tips Mencegah Virus Corona

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah Virus Corona"

Post a Comment