Update kasus covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal
Data di update secara berkala dari kawalcorona.com

5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan

5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan


5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan - Rasa cemas dan gelisah tentunya membuat kehidupan kita akan menjadi kurnag nyaman. Gangguan kecemasan secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana munculnya rasa cemas atau khawatir yang berlebihan dan tidak terkendali terhadap berbagai hal dan kondisi. Tentunya kondisi ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.



Gangguan kecemasan umum dapat terjadi pada siapa saja, namun gangguan kecemasan akan paling sering terjadi pada orang dewasa yang berusia lebih dari 30 tahun. Saat mengalami kondisi ini, penderita umumnya tidak bisa menjelaskan mengapa ia merasa cemas atau khawatir yang berlebihan.
Melihat kondisi tersbeut, Tips-IF kali ini akan membagikan 5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan

Bagaimana Gejala Kecemasan Secara Umum?

Sebelum masuk ke 5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan, ada baiknya dulu kita membaca bagaimana gejala kecemasan secara umum. Rasa cemas adalah hal wajar, terutama jika ada tekanan atau kondisi tertentu. Namun, jika rasa cemas dan khawatir menjadi tidak terkendali, berlebihan, bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, maka bisa jadi ini merupakan tanda Anda sedang mengalami gangguan kecemasan umum. Secara umum, gejala gangguan kecemasan umum yang bisa dikenali antara lain: 

  • Munculnya rasa cemas dan khawatir yang berlebihan terhadap berbagai kondisi.
  • Munculnya pikiran yang berlebihan tentang rencana dan solusi untuk setiap kemungkinan terburuk yang belum tentu muncul.
  • Mudah merasa tersinggung, gelisah, gugup, dan tersudut.
  • Ragu-ragu, takut, dan sulit untuk mengambil suatu keputusan.
  • Sulit untuk berkonsentrasi.
Disamping membuat tubuh menjadi cemas dan gelisah berlebihan. Gungguan kecemasan umum juga dapat menimbulkan gejala fisik, seperti selalu merasa lelah, mengalami gangguan tidur, sakit kepala, gemetar, keringat berlebihan, mual, sakit perut, serta diare yang berulang. Dilihat dari gejala yang ditimbukan, untuk menghilangkan rasa yang berlebihan tersbeut, coba ikuti 5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan berikut ini.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan?

Tenangkan Diri

Meski terdengar sulit, Menenagkan diri merupakan cara pertama dari 5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan. Mulailah untuk tetap santai dan jangan berpikir yang tidak-tidak. Tak perlu memaksakan diri,justru orang yang mencoba menekan pikirann dan perasaan mereka akhirnya malah akan menjadi lebih tertekan. Rasa cemas memang reaksi alami ketika dilanda stress. Tidak jarang, cemas menimbulkan efek tidak nyaman pada tubuh yakni berkeringat, tangan menjadi dingin, sakit perut, kepala menjadi tegang, pandangan kabur. 
Untuk membantu merilekskan tubuh, lakukan meditasi, peregangan, bahkan ngobrol dengan teman, maupun jalan-jalan sebentar sudah bisa merilekskan tubuh. Lakukan juga hal yang bisa membuatmu rileks sehingga tubuh bisa kembali terkontrol dan merasa lebih baik. Menarik napas dalam-dalam memengaruhi kerja system saraf sehingga tubuh jadi lebih tenang dan memberikan waktu bagi tubuh untuk memikirkan respons di bawah tekanan. Alhasil, kita tak terburu-buru mengambil keputusan walau dalam tekanan.

Jangan Hiraukan Omongan Orang

Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan yang kedua adalah dengan Menghiraukan omongan orang. Tak jarang rasa cemas timbul dari penilaian buruk orang lain. Kritik yang menyinggung akan menjadi sebuah bayangan di kepala sehingga rentan membuat kita takut untuk melangkah. Penilaian buruk orang lain sebenarnya timbul dari dalam kepala kita sendiri yang banyak dipengaruhi usia, kultur, nilai, maupun keyakinan yang dianut. Penilaian orang lain memang penting untuk pengembangan potensi, namun jangan biarkan omongan orang lain yang tidak benar memperburuk asumsi mu sehingga malah akan menjadi hambatan untukmu.

Kurangi Kecanduan Online

Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan yang selanjutnya adalah mengurangi penggunaan Game. Jika anda menghabiskan sebagian besar waktu dengan gadget dan men-scroll media sosial untuk fungsi hiburan, coba pikirkan kembali apakah kebiasaan tersebut benar-benar bermanfaat atau tidak bagi diri anda. Sebagian besar orang akan merasa khawatir jika berada jauh dari media sosialnya. Oleh karenanya, coba lakukan hal positif lain dan bangun kendali pada diri Anda atas ketergantungan online, bukan sebaliknya.

Sibukkan Diri

Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan yang ke-4 adalah dengan mengenalkan ruang lingkup kampus ini. Terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan dapat mengalihkan pikiran dan mencegah kembalinya ingatan mengenai pengalaman menyakitkan. Dengan membuat tubuh dan pikiran menjadi sibuk dan banyak aktivitas, Habiskan waktu dengan melakukan kegiatan yang Anda suka seperti hobi, berkumpul dengan teman, dan beberapa hal bermanfaat lainnya sebagai cara menghilangkan rasa cemas atau gelisah.

Mengeola Emosi dengan Jujur pada Diri Sendiri

Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan yang terakir adalah dengan mengelola tingkat emosi kita dan berusaha untuk jujur pada diri sendiri. Kenali kelebihan dan kekurangan yang ada, dan dalam situasi apa yang bisa memicumu cemas, misalnya tumpukan kerjaan yang tak kunjung selesai, mendapat tugas khusus dari bos, meja berantakan, atau tidak maksimal dengan hasil pekerjaan. Perhatikan polanya dan pelajari cara mengantisipasinya untuk di lain hari dengan kelebihan atau hal yang bisa kamu lakukan.
Pekerja yang dilanda kecemasan seringkali disebabkan karena selalu menerima pekerjaan tanpa henti dan tidak memiliki deadline yang realistis. Sangat disarankan untuk jujur pada bos tentang batasan atau kekurangan dirimu untuk dapat keluangan waktu dan beban pekerjaan. Dengan begitu pekerjaan yang kamu selseiakan akan maksimal dan bila pekerjaan selesai sebelum tenggat waktu, akan memberikan kesan yang baik. 

Itulah 5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan. Semoga langkah-langkah tersebut dapat membantu kita untuk Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan.
5 Tips Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan.
5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah.
5 Tips Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah.
5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas.
5 Tips Menghilangkan Rasa Cemas.
Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan.
Tips Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan.
Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah.
Tips Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah.
Cara Menghilangkan Rasa Cemas.
Tips Menghilangkan Rasa Cemas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan"

Post a Comment