Update kasus covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal
Data di update secara berkala dari kawalcorona.com

8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar


8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar - Proses pembelajaran tentu sering memunculkan rasa ngantuk, ntah itu karena kita terlalu di porsir untuk belajar atau kita bosan dengan pembelajaran tesebut sehingga munculah rasa ngantuk pada diri kita.  Kali ini, Tips-IF akan memberikan info mengenai Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar.



Penyebab ngantuk dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kurangnya jam tidur, kelelahan, hingga penyakit tertentu. Tidur memiliki peran yang sama pentingnya dengan makan dan minum bagi tubuh kita. Namun faktanya, masih banyak dari kita yang mengalami kurang tidur atau mengalami gangguan tidur. Kerugian yang di timbulkan dari kurang tidur atau sering mengantuk adalah rentan melakukan kesalahan dalam pekerjaan atau aktivitas yang berawal dari hilangnya konsentrasi. Selain itu, gangguan tidur juga berpotensi meningkatkan risiko seseorang terkena depresi dan gangguan cemas.

Baca juga:
5 Cara Menghilangkan Rasa Cemas dan Gelisah yang berlebihan

Bagaimana Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar?

1. Duduk Tegak

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar yang pertama adalah dengan memperbaiki posisi duduk anda saat belajar. Mungkin sebagian orang mengatakan bahwa belajar sambil rebahan adalah hal yang paling enak. Hal tersebut memang benar, namun belajar sambil rebahan akan mendatangkan rasa ngantuk yang hebat sampai akhirnya memunculkan pikiran ingin rebahan terus menerus sampai akhirnya tertidur. Mulai sekarang, biasakanlah belajar dengan duduk tegak di kursi yang nyaman. Selain dapat mengatasi ngantuk, hal ini baik untuk kesehatan mata dan tulang anda.

2. Hindari Posisi Belajar yang Dapat Memicu Rasa Ngantuk.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar  yang kedua adalah dengan menghindari posisi belajar yang dapat memicu rasa ngantuk. Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar yang kedua ini berkaitan dengan Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar yang pertama tadi. Mengantuk saat belajar dapat terjadi karena banyak hal, salah satu penyebabnya adalah posisi belajar. Posisi belajar berbaring  atau yang kita kenal sambil rebahan akan membuat seseorang lebih mudah merasa ngantuk. Untuk itu carilah poisi belajar yang baik dan hindari beberapa posisi yang akan menyebabkan ngantuk.

3. Makan Secukupnya.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar  yang ketiga adalah dengan makan secukupnya. Mengonsumsi makanan yang berlebih akhirnya akan menyebabkan terlalu kenyang sehabis makan, hal ini akan membuat seseorang lebih mudah merasa mengantuk. Untuk itu, hindarilah makan dengan prosi besar agar anda tidak mudah mengantuk saat belajar.

4.Cari Suasana Baru.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar yang selanjutnya adalah dengan mencari suasana baru. Duduk berjam jam setiap harinya di tempat yang sama tentunya akan membuat kita jenuh dan bosan. Jika anda merasakan hal itu, coba sekali kali untuk mencari suasana baru untuk belajar sehingga anda akan mendapatkan energi baru. Cobalah untuk belajar di alam bebas untuk mensejukkan mata dan otak anda, atau anda bisa mencoba membaca buku di samping kolam ikan untuk mencoba suasana baru.

5. Ajak Teman Belajar Bersama

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar yang ke-5 adalah dengan mengajak teman anda belajar bersama. Jika anda bosan sendiri, tidak ada salanya anda mencoba untuk belajar bersama agar anda tidak merasa kesepian sampai akhrinya ketiduran. selain belajar bersama secara langsung, anda juga dapat memanfaatkan teknologi yang ada, anda bisa belajar bersama dengan cara vidio call atau sekedar telpon biasa. cara ini cukup efektif untuk usir rasa kantuk karena kamu bisa berdiskusi. Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar ini efektif dilakukan dengan catatan teman anda juga memiliki niat yang sama dengan anda, takutnya dengan datangnya teman anda ini malah menjadi kacau karena ngajak ngobrol atau bermain terus.

6. Makan Permen Karet

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar yang selanjutnya adalah dengan mengunyah permen karet selama belajar. Dengan mengunyah permen karet, otot-otot rahang kamu akan aktif bergerak sehingga membuat otak tidak terfokus lagi pada rasa ngantuk kamu. Oh ya, cara ini hanya dilakukan ketika anda belajar di rumah atau di tempat umum lainnya saja ya, tidak untuk belajar di kelas saat sekolah, terkecuali sudah ada perjanjian sebelumnya dengan guru yang mengajar.

7. Minum Air Putih

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar yang ke-7 adalah cara yang sering penulis lakukan selain minum kopi. Dehidrasi bisa menyebabkan ngantuk, dan dehidrasi itu tidak selalu terjadi pada orang yang terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, tapi bisa terjadi juga pada orang dengan aktivitas tenang seperti belajar. Jadi, sebelum memulai belajar kamu bisa minum segelas air, lalu sediakan juga segelas air lagi untuk menemani aktivitas belajar anda.

8. Tidur Malam yang Cukup

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar yang terakhir adalah dengan tidur malam yang cukup. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat seringkali rasa ngantuk terjadi akibat kurang tidur. Untuk itu agar tidak mudah mengantuk saat belajar, usahakan untuk mengatur pola tidur yang baik agar mendapatkan pola tidur yang cukup.


Itulah 8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar. Semoga dengan melakukan cara-cara tersebut kita bisa Mengatasi rasa Ngantuk Saat Belajar dan menjadi semangat kembali untuk belajar.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar.
8 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar.
8 Cara Mengatasi Ngantuk.
8 Tips Mengatasi Ngantuk.
Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar.
Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar.
Cara Mengatasi Ngantuk.
Tips Mengatasi Ngantuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar"

Post a Comment