Update kasus covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal
Data di update secara berkala dari kawalcorona.com

7 Cara Mengatasi Insomnia

7 Cara Mengatasi Insomnia

7 Cara Mengatasi Insomnia - Penyakit Insomnia sering datang pada diri kita. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit untuk tidur atau tidak cukup tidur, walaupun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Insomnia dapat menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Kualitas dan kuantitas tidur tentunya sangat memengaruhi kualitas hidup, serta kesehatan seseorang secara keseluruhan. Tidur yang tidak cukup akan menimbulkan gangguan fisik dan mental. Secara umum, dibutuhkan 8 jam tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh Anda agar tetap fit.

Terbagi menjadi dua tipe insomnia yaitu insomnia primer sekunder. Insomnia primer adalah insomnia yang tidak terkait dengan kondisi medis lain, Artinya insomnia yang tidak disebabkan oleh suatu penyakit. Sedangkan insomnia sekunder adalah insomnia yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lain, misalnya radang sendi, asma, depresi, kanker, atau refluks asam lambung. Insomnia sekunder juga dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping sulit tidur. Melihat efek dari insomnia tersebut, kali ini Tips-IF akan memberikan 7 Cara Mengatasi Insomnia.

Bagaimana  Cara Mengatasi Insomnia?

1. Pahami Fungsi Tempat Tidur.

Cara mengatasi insomnia yang pertama adalah dengan menjaga pikiran Anda dan memahami secara jelas tentang fungsi tempat tidur. Jika Anda terbiasa melakukan berbagai hal di tempat tidur, tubuh akan mengembangkan kebiasaan yang nantinya akan mengarah pada Insomnia. Jika Anda terbangun di tengah malam, bangkit dari tempat tidur selama kira-kira 20 menit. Fokuskan pikiran anda untuk berfikir bahwa tempat tidur sangatlah nyaman untuk istirahat.

2. Pergi tidur hanya ketika lelah

Cara mengatasi insomnia yang kedua adalah dengan cara berbaring di kasur hanya ketika Anda sudah benar-benar merasa lelah. Cara mengatasi insomnia yang kedua ini merupakan cara mengatasi insomnia secara alami. Kondisi fisik yang lelah akan membuat Anda lebih cepat untuk tidur. Namun, pastikan juga Anda tak membawa barang-barang apapun ke tempat tidur. Jika Anda terbangun di tengah malam, tinggalkan ruangan untuk melakukan suatu aktivitas atau melakukan olahraga ringan dan kembali lagi untuk tidur ketika sudah merasa lelah, serta mengantuk. 

3. Terapkan jam tidur yang teratur

Cara mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah dengan menerapkan jam tidur yang teratur. Dengan tidur dan bangun tidur dalam jadwal yang sama setiap hari akan membuat tubuh Anda terbiasa untuk tidur nyenyak. Cara mengatasi insomnia secara alami ini dapat dilakukan dengan memilih jam saat Anda merasa paling lelah dan mengantuk setiap malam.

4. Makan lebih awal

Cara mengatasi insomnia yang keempat adalah dengan makan lebih awal. Cara mengatasi insomnia secara alami dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan berat tiga jam sebelum tidur. Dengan makan lebih awal, akan memberikan efek mengantuk pada tubuh Anda lebih awal sehingga Anda akan terhindar dari insomnia.

5. Lakukan Meditasi

Cara mengatasi insomnia yang selanjutnya adalah dengan melakukan meditasi. Meditasi bukanlah pengobatan standar untuk insomnia, Meditasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan otak Anda setelah menjalani hari yang panjang. Anda bisa mencoba latihan pernapasan yang bisa membuat tubuh santai dan tetap fokus. Jika pikiran anda tenang, maka Anda akan merasakan sebuah rasa ngantuk yang akan membuat Anda terhindar dari Insomnia.

6. Rajin olahraga

Rutin berolahraga adalah Cara mengatasi insomnia yang keenam. Olahraga akan melepaskan kortisol yang menjadi pengganggu pola tidur alami. Lakukan olahraga di pagi hari seperti berjalan, peregangan, atau bahkan yoga. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan, peregangan dan pemijatan yang akan membantu melancarkan aliran darah Anda sebelum tidur. Jika Anda memilih berolahraga pada malam hari, pastikan waktu olahraga tersebut minimal 3 jam sebelum tidur. Hal ini karena tubuh yang lentur dan bebas dari rasa sakit memberikan waktu tidur kita lebih nyenyak dan lama. 

7. Konsisten Mempertahankan Waktu Tidur

Cara mengatasi insomnia yang terakhir adalah dengan konsisten mempertahankan waktu tidur yang teratur setidaknya selama seminggu. Jika Anda menderita insomnia kronis atau Anda benar-benar merasa lelah karena beberapa alasan, jangan mencoba untuk tidur lebih awal, tetaplah berpegang pada waktu tidur yang biasa. Mempertahankan waktu tidur dan bangun dengan konsisten merupakan cara mengatasi insomnia secara alami yang sangat disarankan.


Itulah 7 Cara Mengatasi Insomnia, semoga dengan menerapkan ketujuh cara diatas Insonia Anda dapat teratasi sehingga Anda akan mempunyai pola tidur yang sangat baik kembali.


Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
7 Cara Mengatasi Insomnia
7 Tips Mengatasi Insomnia
7 Trik Mengatasi Insomnia
Cara Mengatasi Insomnia
Tips Mengatasi Insomnia
Trik Mengatasi Insomnia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mengatasi Insomnia"

Post a Comment