6 Cara Mengatasi Insecure

6 Cara Mengatasi Insecure

6 Cara Mengatasi Insecure - Insecure (Insecurity) atau perasaan tidak aman mungkin pernah Anda alami. Ketidakamanan tersebut bisa terjadi saat Anda malu, merasa bersalah, menyadari sebuah kekurangan, atau tak mampu dalam melakukan sesuatu. Saat merasa tidak aman atau insecure, orang cenderung hidup dalam sebuah zona ketakutan. Orang yang insecure akan semakin tidak percaya diri, bahkan semakin banyak rasa tidak aman yang ada dalam pikirannya.



Akibat dari rasa insecure  ini adalah Anda bisa menjadi takut untuk berinteraksi dengan orang lain. Salah satu alasan mengapa orang merasa insecure adalah mereka menilai diri mereka terlalu rendah. Saat Anda tidak percaya diri atau bahkan malu dengan diri sendiri maka Anda akan memancarkan aura canggung pada diri Anda sendiri. Hal seperti itu akan menimbulkan rasa tidak aman yang mungkin membuat Anda cemburu terhadap orang lain.

Jika Anda menemukan sesuatu yang negatif tentang orang lain, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengutarakannya. Pahami bahwa satu-satunya alasan Anda cemburu adalah karena Anda merasa tidak nyaman dan tidak bahagia dengan diri sendiri. Untuk mengatasi rasa Insecure tersebut, kali ini Tips-IF akan memberikan 6 Cara Mengatasi Insecure.

Bagaimana Cara Mengatasi Insecure?

1. Pahami Apa yang Anda Rasakan 

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan sebagai Cara Mengatasi Insecure adalah tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda merasa tidak nyaman. Rasa insecure dapat memiliki banyak penyebab, namun penyebab tersebut dapat Anda cari dan Anda ketahui dari diri Anda sendiri. Anda akan dapat merasa lebih baik jika mengetahui akar dari rasa insecure tersebut.

2. Mengubah Perspektif

Cara Mengatasi Insecure yang kedua adalah dengan mengubah perspektif Anda. Cobalah untuk memikirkan diri sendiri dan pikirkan hal-hal yang Anda lakukan serta orang lain akan menghargai Anda. Berhentilah memandang diri Anda sendri dengan kritis. Jika Anda terus menerus memikirkan kekurangan yang ada pada diri Anda secara terus menerus, Anda adalah satu-satunya orang yang menghakimi diri sendiri dengan keras.

3. Melakukan Hal Terbaik

Cara Mengatasi Insecure yang ketiga adalah dengan melakukan hal terbaik yang Anda fahami. Anda dapat menemukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan baik, seperti menemukan hobi dimana Anda akan unggul pada bidang tersebut sehingga dapat membantu Anda untuk membangun kepercayaan diri. Carilah hal yang dapat membuat Anda beda dari orang lain dan Anda dapat membanggakan hal tersebut.

4. Berikan Hadiah Pada Diri.

Cara Mengatasi Insecure yang selanjutnya adalah dengan memberikan rewards pada diri Anda sendiri ketika Anda telah mencapat target yang Anda buat. Keberhasilan sekecil apapun, harus Anda akui dan Anda banggakan. Untuk setiap tujuan Anda yang tercapai, berikanlah hadiah untuk diri Anda sendiri. Fokus pada penghargaan untuk diri sendiri dapat membantu Anda menghilangkan pandangan negatif pada diri Anda sendiri untuk masa yang akan datang.

5. Meminta Bantuan Kepada Orang Lain

Cara Mengatasi Insecure yang kelima adalah dengan meminta bantuan orang lain. Anda membutuhkan bantuan dari orang terdekat untuk mendukung serta membimbing Anda dalam segala hal. Bisa saja dengan meminta bantuan kepada orang lain dapat mengurangi rasa insecure Anda karena Anda akan berfikir jika hal yang Anda lakukan berhasil Anda akan merasa sangat bangga.

6. Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Cara Mengatasi Insecure yang terakhir adalah dengan membanggakan diri sendiri dan jangan Terus menerus membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika hal tersebut terjadi, tentunya hal tersebut dapat melelahkan Anda untuk berjuang melawan rasa insecure yang Anda alami. Sebaiknya, lakukanlah apa yang terbaik untuk Anda sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. 


Itulah 6 Cara Mengatasi Insecure. Semoga dengan melakukan keenam cara tersebut, rasa insecure yang Anda alami perlahan akan hilang, sehingga Anda akan merasakan situasi yang aman pada diri Anda.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
6 Cara Mengatasi Insecure
6 Tips Mengatasi Insecure
6 Trik Mengatasi Insecure
Cara Mengatasi Insecure
Tips Mengatasi Insecure
Trik Mengatasi Insecure

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Mengatasi Insecure"

Post a Comment