Update kasus covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal
Data di update secara berkala dari kawalcorona.com

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat - Daya ingat sesesorang akan kian menurun setiap harinya. Hal ini diakibatkan oleh proses penuaan kondisi kesehatan yang tidak baik. Daya ingat sangat erat kaitannya dengan pertambahan usia. Terkadang, untuk mengingat nama seseorang pun kita kesulitan untuk mengingatnya. Contoh lainnya adalah ketika Anda lupa menaruh benda yang biasa dikenakan seperti kacamata, padahal kita malah sedang memakai kacamata tersebut.



Daya ingat sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika daya ingat kita buruk, tentu itu sangat berbahaya bagi aktivitas sehari hari kita. Pada kesempatan kali ini Tips-IF akan memberikan 5 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang diharapkan dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas daya ingat Anda.

Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Ingat?

1. Perhatikan Pola Tidur Anda.

Cara Meningkatkan Daya Ingat yang pertama adalah dengan memperhatikan pola tidur anda. Tentunya semua orang membutuhkan waktu untuk tidur. Semakin baik kualitas tidur, maka akan semakin baik pula kualitas daya ingat Anda. Hal tersebut dapat terjadi karena tidur akan membantu badan Anda untuk meningkatkan daya ingat untuk melakukan sesuatu yang berkaitan tentang fakta tertentu.

Dari sebuah studi yang pernah dilakukan di Harvard University, mahasiswa disana pernah diuji untuk menghafal kata yang tidak berhubungan, menghafal labiran, serta menyalin bentuk yang rumit. Sebagian dari mereka diberikan waktu untuk tidur siang selama 45 menit dan sebagian lagi tidak. Hasilnya adalah mereka yang tidur siang mendapatkan hasil lebih baik dalam pengujian tersebut. Oleh karena itu, pola tidur sangatlah penting untuk membantu anda dalam meningkatkan kualitas daya ingat.

2. Olahraga Secara Teratur

Cara Meningkatkan Daya Ingat yang kedua adalah dengan cara melakukan olahraga secara teratur. Ternyata dengan melakukan olahraga secara teratur akan membantu otak menciptakan kapiler baru dan sel-sel otak baru yang saling berhubungan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berolahraga bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Jika olahraga dilakukan oleh orang dewasa, maka hal ini akan berakibat mengurangi penurunan kognitif. Hal tersebut bermanfaat untuk meningkatkab daya ingat otak.

3. Seringlah Berlatih Soal Pembelajaran

Cara Meningkatkan Daya Ingat yang selanjutnya adalah dengan belajar secara berkelanjutan. Otak memiliki cara kerja yang sama dengan otot. Semakin sering dilatih, maka akan semakin kuat kemampuan otak Anda. Penelitian mengungkapkan bahwa sering berlatih akan bermanfaat untuk meningkatkan sel aktif di dalam otak Anda. Selain bisa aktif secara fisik, belajar keterampilan baru atau belajar hal lain akan menjaga otak Anda menjadi lebih sehat.

4. Bersosialisasi Dengan Banyak Orang

Cara Meningkatkan Daya Ingat yang keempat adalah dengan cara bersosialisasi dengan banyak orang. Koneksi sosial yang dimiliki dan dibangun akan menjaga kesehatan otak. Saat seseorang terisolasi dan merasakan kesepian, maka hal ini sangat meningkatkan resiko demensia. Tidak adanya interaksi dengan orang lain akan membuat otak menjadi layu dan perasaan kesepian akan menyebabkan seseorang merasa depresi dan terjadinya penurunan mental hingga akhirnya menjadi stress. Sebuah studi yang pernah dilakukan oleh Fronter in Aging Neuroscience mengungkapkan bahwa orang tua dengan waktu bersosialisasi yang baik memiliki ingatan, penalaran, dan kecepatan proses otak yang lebih baik. Oleh karena itu, bersosialisasilah dengan banyak orang agar daya ingat anda semakin baik.

5. Bersantai

Cara Meningkatkan Daya Ingat yang terakhir adalah dengan cara bersantai. Stress memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Stress akan meningkatkan tekanan darah, memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sampai dapatt merusak ingatan Anda. Oleh karena itu, saat Anda merasa tertekan, tubuh Anda akan melepaskan hormon kortisol ke dalam aliran darah. Hormon kortisol ini kemudian akan menyebabkan penurunan ingatan dalam jangka panjang. Untuk mengurangi serta menghindari stres dalam hidup, cobalah untuk bersantai dengan cara melakukan meditasi, melatih pernafasan, atau bahkan pergi liburan. Berhentilah memeriksa pekerjaan dan berbagai aktivitas yang semakin memicu tingkat stres anda. Jika anda memiliki rasa cemas dan gelisah yang berlebih, cobalah 5 Cara untuk menghilangkan rasa cemas dan gelisah yang berlebih ini.



Itulah 5 Cara Meningkatkan Daya Ingat.  Semoga dengan menerapkan cara-cara tersebut dapat membantu anda untuk memperbaiki dan meningkatkan daya ingat Anda.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
5 Cara Meningkatkan Daya Ingat
5 Tips Meningkatkan Daya Ingat
5 Trik Meningkatkan Daya Ingat
Cara Meningkatkan Daya Ingat
Tips Meningkatkan Daya Ingat
Trik Meningkatkan Daya Ingat



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Cara Meningkatkan Daya Ingat"

  1. Siap dipraktekan.

    Cara sederhana menekan penurunan daya ingat.Makasih min

    Admin
    biropesona.blogspot.com

    ReplyDelete