Cara Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo

Cara Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo


Cara Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo - Tidak seimbangnya pemasukan dengan pengeluaran tentunya membuat kita kebingungan dalam mengatur keuangan. Banyaknya kebutuhan yang diperlukan dan banyaknya keinginan yang ingin terealisasikan membuat kita harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan. Kali ini, Tips-IF akan membagikan sebuah metode asal Jepang, yaitu Metode Kakeibo. Cara Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo sangatlah efektif untuk dilakukan agar keuangan kita tertata dengan baik.




Apa itu Metode Kakeibo?


Kakeibo merupakan cara berhemat uang atau menabung yang berasal dari Jepang. Kakeibo diciptakan oleh seorang jurnalis wanita Jepang bernama Motoko Hani. Metode ini bertujuan agar kondisi keuangan lebih tertata sehingga kita akan lebih mudah untuk mencapai sebuah tujuan dengan hasil tabungan kita.

Bagaimana Cara Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo?

1. Membuat Rincian Pemasukan

Langkah pertama metode kakeibo adalah dengan membuat rincian pemasukan. Tuliskan semua rincian sumber pemasukan. Rincian pemasukan ini dapat berupa gaji bulanan dan pendapatan tambahan lainnya yang Anda punya. Dengan membuat rincian pemasukan, tentunya akan memudahkan kita untuk membuat rincian daftar kebutuhan kita.

2. Membuat Daftar Kebutuhan

Langkah kedua menyimpan uang dengan metode kakeibo adalah dengan membuat daftar kebutuhan. Tulislah semua daftar kebutuhan, mulai dari kebutuhan harian sampai kebutuhan tidak terduga. Kita dapat memisahkan kebutuhan pokok yang berisi makanan, trasportasi, obat, kuota internet yang sekarang mungkin telah menjadi kebutuhan pokok dengan kebutuhan lainnya seperti tabungan liburan, perbaikan barang atau biaya tidak terduga lainnya

3. Memisahkan Uang

Jika sudah membuat daftar kebutuhan, tentunya kita harus memisahkan uang kita. Total uang dari rincian pemasukan yang telah dibagi kedalam beberapa daftar kebutuhan selanjutnya harus dipisahkan. Kita bisa menggunakan amplop untuk memisahkan uang. Sediakan amplop dengan lebel sesuai kebutuhan Anda yang selanjutnya isi sesuai nominal yang telah ditentukan.

4. Mencatat Pengeluaran harian

Setelah memisahkan uang kedalam beberapa kategori, selanjutnya jangan lupa untuk mencatat seluruh pengeluaran harian. membuat catatan pengeluaran harian sangatlah penting sebagai pengingat, catatan ini memudahkan Anda untuk menghitung kembali sisa uang yang Anda gunakan saat melakukan Evaluasi.

5. Evaluasi

Jika sudah melakukan langkah-langkah tersebut, jangan lupa untuk melakukan evaluasi selama Anda melakukan metode kakeibo ini. Apakah metode kakeibo ini efektif dan berjalan sesuai rencana atau tidak. Jika tidak sesuai, maka lakukan revisi pada minggu atau bulan selanjutnya sehingga pembagian keuangan Anda akan semakin Efektif.


Itulah Cara Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo. Semoga dengan menerapkan metode tersebut kita dapat mengatur keuangan kita lebih efektif.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:
Cara Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo
Tips Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo
Trik Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menyimpan Uang dengan Metode Kakeibo"

Post a Comment