5 Cara Menghilangkan Kebiasaan SKS

5 Cara Menghilangkan Kebiasaan SKS (Sistem Kebut Semalam)


5 Cara Menghilangkan Kebiasaan SKS (Sistem Kebut Semalam) - Kebiasaan SKS (sistem kebut semalam) merupakan sebuah sistem yang sering dilakukan bukan hanya dilakukan kalangan pelajar saja bahkan semua orang ketika mengerjakan sebuah tugas yang biasanya dianggap mudah. Orang yang melakukan sistem kebut semalam biasa adalah orang yang sering menunda pekerjaannya. Namun bisa jadi karena banyaknya tugas akhirnya terpaksa ada beberapa tugas yang harus dikerjakan dengan  sistem SKS.



Terkadang sistem sks ini efektif dilakukan jika kita punya kesibukan lain yang sangat mendesak. Namun untuk yang berleha-leha dalam mengerjakan tugas, sistem kebut semalam ini malah menjadi kebiasaan. Kebiasaan SKS ini tentunya tidak baik untuk perkembangan diri kita, terutama untuk kesehatan kita. Oleh karena itu, sebisa mungkin kebiasaan sks ini harus dapat dihilangkan. Kali ini Tips-IF akan memberikan 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan SKS.

Bagaimana Cara Menghilangkan Kebiasaan SKS?

1. Belajar Bersama-sama


Cara menghilangkan kebiasaan SKS yang pertama adalah dengan cara belajar bersama. Metode belajar bersama-sama ini cukup efektif membuat kebiasaan SKS ini dapat secara perlahan hilang. Hal ini dikarenakan tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan cepat karena dikerjakan bersama-sama atau karena adanya pembagian tugas. Oleh karena itu cobalah untuk belajar bersama sama agar tugas Anda menjadi ringan sehingga anda tidak kebut semalam lagi untuk mengerjakannya. Belajar bersama-sama ini dengan catatan jangan sampai anda cuma menyalin tugas teman Anda ya.

2. Menulis Target

Membuat target adalah hal yang penting dalam beraktivitas. Sebuah target tentunya harus kita buat agar proses yang kita jalani memiliki kejelasan arah tujuan. Menuliskan target dalam belajar pun sangat penting dilakukan. Target beres mengerjakan tugas harus dibuat untuk menghilangkan kebiasaan sistem kebut semalam. Jika kita memiliki target capaian yang harus dicapai saat membuat tugas tentunya sistem kebut semalam tidak akan terjadi. Buatlah target minimal satu hari sebelum deadline pengumpulan tugas, tugas sudah beres dikerjakan. Hal ini pun dapat membantu Anda untuk cek ulang tugas yang sudah Anda kerjakan.

3. Buat Prioritas

Buatlah prioritas untuk menghilangkan sistem kebut semalam. Hal ini dimaksudkan untuk Anda yang kebingungan mengerjakan tugas yang mana dahulu yang akan Anda kerjakan. Coba kerjakan tugas yang menurut Anda mudah terlebih dahulu dan tentunya prioritaskan tugas yang memiliki deadline sebentar lagi. Buatlah skala prioritas sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Jangan Meremehkan Tugas

Penyebab dari SKS (sistem kejar semalam) yang paling umum adalah kita terlalu sering untuk menyepelekan tugas. Tugas yang diberikan sering kita remehkan dengan kata nanti. Tugas yang dinanti-nanti akhirnya akan terbengkalai. Mulai saat ini juga, kerjakan semua tugas dan jangan sepelekan tugas yang diberikan. Mulai cicil satu persatu tugas yang ada sehingga Anda tidak perlu melakukan sistem kebut semalam.

5. Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Cara Menghilangkan Kebiasaan SKS yang terakhir adalah dengan cara memberikan hadiah untuk diri sendiri. Hadiah ini teserah apa saja yang Anda mau. Sebagai contoh, ketika kita sudah selesai mengerjakan tugas, barulah kita boleh bermain game. Atau apabila kita sudah beres mengerjakan tugas, barulah kita boleh bermain keluar bersama teman. Hadiah apapun tidak ada salahnya asal itu berada di jalan yang benar, yang terpenting adalah Anda tidak lagi melakukan kebiasaan Sistem Kebut Semalam.



Itulah 5 Cara Menghilangkan Kebiasaan SKS. Semoga dengan menerapkan beberapa cara di atas kita bisa lebih efektif kembali dalam belajar dan tidak menunda-nunda tugas kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Kebiasaan SKS"

Post a Comment