Update kasus covid-19 indonesia :

Positif
Sembuh
Meninggal
Data di update secara berkala dari kawalcorona.com

5 Cara Mengatasi Kuping Kemasukan Air

5 Cara Mengatasi Kuping Kemasukan Air

5 Cara Mengatasi Kuping Kemasukan Air - Akhir-akhir ini, olahraga berenang banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini dikarenakan selain mudah untuk dilakukan, berenang terbukti dapat membakar banyak kalori jika dilakukan secara rutin. Selain itu, banyaknya variasi gaya pada olahraga berenang membuat olahraga ini bisa dilakukan oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan kalangan orang dewasa.



Namun, pernahkah kalian mengalami beberapa keluhan ketika berenang, seperti telinga yang tiba-tiba kemasukan air, tentunya hal itu sangatlah tidak menyenangkan. Apabila air yang masuk ke telinga terjadi secara terus-menerus, maka dampak yang dihasilkan sangatlah fatal dan dapat meningkatkan resiko infeksi maupun pembengkakan pada saluran pendengaran.

Supaya kejadian serupa tidak terulang kembali, alangkah baiknya jika kalian mengetahui cara untuk mengatasi kuping kemasukan air. Lalu, seperti apa cara mengatasi kuping kemasukan air? Simak beberapa cara ampuh dibawah ini!

Bagaimana Cara Mengatasi Kuping Kemasukan Air?

1. Mengunyah 

Pada umumnya, ketika telinga kemasukan air, air akan terjebak di bagian telinga paling dalam. Bagian telinga paling dalam tersebut biasa kita kenal dengan nama tabung eustachius. Dengan mengunyah sesuatu sambil memiringkan telinga yang kemasukan air, air yang terdapat didalam tabung eustachius akan lebih mudah keluar. 

2. Mengelap

Mengelap bagian luar telinga juga terbukti dapat mengatasi masalah pada telinga yang kemasukan air. Usahakan, kalian mengelap telinga dengan kain atau handuk yang kering secara perlahan dibagian luar telinga. Pastikan kalian melakukannya secara perlahan dan jangan terlalu dalam supaya tidak ada masalah baru yang timbul nantinya.

3. Berbaring miring

Cara yang satu ini bisa dibilang sangat mudah, karena hanya memanfaatkan gaya gravitasi bumi. Sehingga, air akan mengalir menuju tempat yang lebih rendah.
Pertama-tama, kalian berbaring seperti biasanya dengan posisi telinga yang kemasukan air berada di bawah. Tambahkan gerakan lainnya, seperti gerakan mengunyah atau menguap, supaya air didalam telinga lebih cepat keluar.

4. Memiringkan Kepala

Hampir sama dengan cara sebelumnya, perbedaannya terletak pada posisi melakukannya. Memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air juga dipercaya mampu mengatasi masalah kuping yang kemasukan air. Supaya air lebih mudah keluar, tariklah daun telinga kalian saat memiringkan kepala, supaya saluran telinga lebih terbuka dan air lebih mudah keluar.

5. Menguap

Siapa sangka jika menguap juga dapat mengatasi masalah pada telinga yang kemasukan air. Adanya kontraksi tertentu ketika menguap membuat air yang ada didalam telinga lebih mudah keluar. Oleh karena itu, perbanyaklah menguap dan tutup mulut kalian dengan tangan ketika sedang menguap.


Jika semua cara diatas dirasa kurang membantu, cobalah untuk memeriksa kondisi telinga kalian di THT terdekat. Dengan arahan dokter, masalah telinga kemasukan air yang kalian alami akan segera usai.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai tata cara mengatasi kuping kemasukan air. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.
Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman kalian, supaya mereka juga tahu cara untuk mengatasi telinga yang kemasukan air.

5 Cara Mengatasi Kuping Kemasukan Air
5 Tips Mengatasi Kuping Kemasukan Air
5 Trik Mengatasi Kuping Kemasukan Air
Cara Mengatasi Kuping Kemasukan Air
Tips Mengatasi Kuping Kemasukan Air
Trik Mengatasi Kuping Kemasukan Air


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengatasi Kuping Kemasukan Air"

Post a Comment