7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit

7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit

7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit - Menjaga kecantikan kulit adalah salah satu hal yang harus sering diperhatikan. Tidak hanya bagus untuk kecantikan, kulit yang dirawat dengan baik juga mencerminkan hal-hal positif dalam diri Anda. Namun akan muncul Pertanyaan; apakah untuk mendapatkan kulit cantik membutuhkan biaya besar atau perawatan intensif dari ahli kecantikan? 



Sebenarnya untuk Menjaga Kesehatan kulit tidak perlu ke dokter kulit. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan atau tambahkan sendiri ke rutinitas harian Anda. Cukup ikuti cara menjaga kecantikan kulit di bawah ini.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kulit?

Membersihkan Wajah

Cara Menjaga Kesehatan Kulit yang pertama adalah dengan membersihkan kulit secara teratur dari kotoran dan bakteri. Lebih baik mencuci muka menggunakan air hangat setidaknya dua kali sehari di pagi dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk menghapus make up di malam hari terlebih dahulu. Pilih produk pembersih wajah yang tidak mengandung sabun dan pewangi dan dibuat dari bahan alami. Anda juga perlu menggunakan pelembab yang cocok untuk jenis kulit Anda dan mengandung SPF untuk memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.

Menghindari Mengkonsumsi Alkohol

Apakah Anda sering minum alkohol? Jika ya, Anda harus menghentikan kebiasaan itu. Menghindari Mengkonsumsi Alkohol adalah cara ke-2 dari 7  Cara Menjaga Kesehatan Kulit. Alkohol dapat merusak kulit karena membuat produksi kolagen berkurang. Alkohol dapat membuat kulit Anda dehidrasi, dan membuat kulit terlihat kusam. Alkohol juga dapat merusak organ tubuh yang sebenarnya berperan dalam menghilangkan racun dalam tubuh.

Hindari Merokok

Cara Menjaga Kesehatan Kulit selanjutnya adalah dengan tidak merokok. Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, tetapi juga bagi kulit. Dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 bahan kimia berbahaya. Beberapa efek buruk bagi kulit adalah pemicu munculnya tanda-tanda penuaan dini, membuat kulit kering, kasar, dan kusam. Selain itu, pergerakan otot-otot wajah saat merokok juga memudahkan munculnya garis-garis halus, terutama di area dekat bibir. Lebih jauh lagi, merokok dapat memecah kolagen yang mengakibatkan berkurangnya elastisitas kulit dan merusak sel-sel kulit.

Kontol Stres

Cara ke-4 dari 7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit adalah dengan mengontrol stres. Stres secara tidak langsung dapat merangsang kelenjar adrenalin yang dapat menghasilkan kortisol. Hormon ini adalah hormon stres utama yang memicu produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Jika kulit memiliki terlalu banyak minyak, pori-pori kulit dapat ditutup dan menjebak bakteri yang menyebabkan jerawat.

Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Cara menjaga kesehatan kulit dari dalam adalah dengan makan makanan sehat dan bergizi. Kebiasaan baik ini bisa membuat kulit Anda terlihat cantik dan awet muda. Makan makanan sehat, terutama yang mengandung vitamin C, kolagen, dan vitamin E. Makanan yang mengandung vitamin C termasuk bayam, kiwi, stroberi, dan tomat. Sementara kolagen ditemukan dalam bawang putih, ikan dan daging tanpa lemak, kacang-kacangan, produk kedelai, dan sayuran hijau gelap. Dapatkan vitamin E dalam alpukat, kiwi, kacang-kacangan, tomat, dan cabai.

Cukup Tidur

Menjaga pola tidur yang baik adalah cara menjaga kesehatan kulit yang ke 6. Efek kurang tidur bisa membuat kulit Anda terlihat lelah dan kusam. Selain kurang tidur juga memicu munculnya kantong mata yang menghitam di bawah mata.

Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Cara Menjaga Kesehatan Kulit yang terakhir adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jangan meremehkan paparan sinar matahari. Alasannya, ada beberapa efek buruk yang bisa ditimbulkan terhadap kesehatan kulit. Intensitas sinar matahari tertinggi terjadi pada pukul 10:00 hingga 16:00. Jika Anda harus melakukan kegiatan pada saat-saat ini, jangan lupa untuk melindungi kulit Anda dengan SPF selama lebih dari 15 dan menerapkannya 20 menit sebelum Anda pergi keluar rumah. Juga penting untuk menggunakan pakaian pelindung seperti kemeja lengan panjang, celana panjang, topi dan payung.

Itulah 7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan kulit anda agar anda tampil semakin percaya diri.


Tags:
7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit
7 Tips Menjaga Kesehatan Kulit
Cara Menjaga Kesehatan Kulit
Tips Menjaga Kesehatan Kulit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Menjaga Kesehatan Kulit"

Post a Comment