Cara Cek Status Mahasiswa dengan Mudah

Cara Cek Status Mahasiswa dengan Mudah

Cara Cek Status Mahasiswa dengan Mudah - Mahasiswa, kata yang tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Tapi apa sebenarnya definisi dari Mahasiswa? Dikutip dari wikipedia, Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Sepanjang sejarah, mahasiswa di berbagai negara mengambil peran penting dalam sejarah suatu negara. 

 cek status mahasiswa

Namun, pernahkah kita berpikir untuk cek status kemahasiswaan dari seseorang? Maksud cek status disini adalah bukan cek status dia jomblo atau bukan. Tapi dicek bahwa dia adalah seorang mahasiswa aktif atau bukan. Cara ini dapat kita lakukan pada situs web PDDIKTI. Cara Cek Status Mahasiswa di DIKTI sangatlah mudah, hanya dengan mengetahui nama lengkap dari mahasiswa tersebut serta dimana dia kuliah, kita bisa sudah bisa mengeatahui status mahasiswa tersebut.  Mungkin kita juga ingin cek status diri kita sendiri sebagai mahasiswa apakah terdaftar secara resmi atau tidak.


Bagaimana Cara Cek Status Mahasiswa?


  • Kunjungi situs resmi dari PANGKALAN DATA PENDIDIKAN TINGGI KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI (PDDIKTI). Atau anda bisa klik disini.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

  • Selanjutnya silahkan isi nama perguruan tinggi, Jurusan, nama mahasiswa atau NIM, dan kode keamanannya dengan cara menjumlahkan 2 bilangan. Untuk lebih akurat, kami sarankan untuk mengisi kata kunci dengan NIM. Untuk mencobanya, kami akan menggunakan data dari pemilik blog ini.


  • Jika sudah lengkap, klik Cari Mahasiswa.


  • Jika didapat tampilan seperti diatas, artinya mahasiswa tersebut statusnya aktif,

Bagaimana Cara Untuk Melihat Data Mahasiswa?

  • Silahkan kunjungi  Situs resmi Pangkalan Data Pendidikan Tinggi atau bisa klik disini.

  • Selanjutnya jika telah muncul tampilan seperti diatas, maka isikan NIM saja pada search bar tersebut untuk memudahkan tracking. Anda pun bisa menulis nama beserta nama kampusnya jika belum mengetahui atau lupa NIM Anda.



  • Jika Sudah, klik cari dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini.



  • Tampilan tersebut menampilkan biodata dari mahasiswa tersebut, riwayat status kuliah dan riwayat studi.


Sebagai bentuk pertanggungjawaban sebuah institusi pendidikan untuk selalu melaporkan data mahasiswa beserta dengan kegiatan akademik, maka semua institusi pendidikan di bawah Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) Pendidikan Tinggi  wajib untuk melaporkan seluruh kegiatan akademik ke Kemristek Dikti melalui laman PDDIKTI (Forlap Dikti).

Selain sebagai bentuk tanggungjawab, database PDDIKTI bisa juga digunakan sebagai rujukan pada lulusan institusi perguruan tinggi untuk mendapatkan pengakuan atas capaian selama melaksanakan kegiatan akademik. Hal ini dikarenakan, jika sesorang dikatakan mahasiswa atau lulusan yang datanya tidak tercantum dalam laman PDPT Dikti (forlap Dikti) maka keberadaannya sebagai mahasiswa atau lulusan akan dipertanyakan.



Itulah Cara Cek Status Mahasiswa dengan Mudah. Semoga cara tersebut dapat mempermudah Anda untuk cek status kemahasiswaan yang Anda sedang jalani.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cek Status Mahasiswa dengan Mudah"

Post a Comment