Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[ADS]Tips-if_Bagian_Atas

5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar

5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar


5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar - Mengingat bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia adalah investor pemula. Tentunya memilih reksadana yang bagus di antara ribuan reksadana di Pasar Modal Indonesia akan terlihat sangat rumit dan membingungkan masyarakat. Orang-orang berfikir bahwa setiap investasi tentu akan menghasilkan keuntungan. Namun itu salah besar, setiap investasi tentu akan memiliki berbagai resiko yang berbeda-beda.




Melihat kondisi diatas, tentunya sangat diperlukan tips bagi investor permula agar tidak tersesat saat membeli reksadana. Oleh karena itu kali ini Tips-IF akan memberikan 5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar.

Bagaimana Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar?

Reputasi Manajer Investasi Reksadana

Cara Memilih Produk Reksadana yang pertama adalah dengan mempeerhatikan Reputasi Manajer Investasi Reksadana. Reputasi Manajer Investasi Reksadana menjadi kriteria utama dan terpenting dalam seleksi reksadana. Pilihlah manajer investasi reksadana yang telah terbukti memiliki track record dan tata kelola yang baik dalam jangka panjang.

Tingkat Return

Cara Memilih Produk Reksadana yang kedua adalah dengan memerhatikan (return) keuntungan. Namun belum tentu makin tinggi keuntungan itu leebih baik. Jangan hanya berfokus terhadap keuntungan jangka pendek semata. Kami sangat memerhatikan konsistensi kinerja selama 5 atau 10 tahun kebelakang dan isi Top Holdings dari reksadana tersebut. Kita juga harus memerhatikan risiko yang diambil oleh pengelola reksadana supaya seimbang dengan potensi keuntungan. Perhatikan juga jumlah keuntungannya, mencetak keuntungan secara konsisten dalam jangka panjang jauh lebih penting dan jauh lebih susah daripada keuntungan dalam setahun saja.

Tingkat Resiko

Cara Memilih Produk Reksadana yang selanjutnya adalah dengan memerhatikan tingkat resiko. Setiap instrumen investasi pasti selalu ada resikonya. Semakin besar keuntungan semakin besar pula resikonya (high return, high risk). Max Drawdown adalah penurunan maksimum suatu reksadana dari titik puncak ke titik rendah, sebelum puncak baru tercapai selama periode tertentu. Max Drawdown adalah indikator risiko penurunan dari suatu reksadana selama jangka waktu tertentu. Jika Max Drawdown suatu reksadana adalah 10% dalam setahun, maka artinya reksadana tersebut pernah turun paling besar 10% dari titik tertinggi satu tahun terakhir. Oleh karena itu, Max Drawdown membantu kamu mengukur apakah resiko reksadana ini masih bisa kamu terima atau tidak.

Dana Kelolaan (AUM)

Cara Memilih Produk Reksadana yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan dana kelolaan (AUM). Dana kelolaan atau sering disebut AUM (Asset Under Management) adalah dana yang dikelola oleh reksadana tersebut. Dana kelolaan bisa digunakan untuk mengukur seberapa besar reksadana ini dipercaya oleh investor. Semakin besar dana kelolaan reksadana, maka semakin tinggi juga tingkat kepercayaan investor terhadap kualitas Manajer Investasi reksadana tersebut.

Expense Ratio

Cara Memilih Produk Reksadana yang terakhir adalah dengan memerhatikan Expense Ratio . Expense Ratio mengukur seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk mengelola reksadana. Management fees, Biaya Kustodian, Biaya Trading, Biaya Marketing adalah bagian dari perhitungan expense ratio. Lebih kecil expense ratio tersebut mencerminkan kepiawaian Manajer Investasi dalam mengelola reksadana untuk investornya secara efisien.


Itulah 5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar dari tips-if. Semoga dengan adanya 5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar tersebut dapat membantu kita terutama para investor pemula dalam memilih produk reksadana.

Tips IF Gudangnya Tips, Tutorial, dan Trik, dalam segala aspek Kehidupan.

Tags:

5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar
5 Tips Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar
5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik
5 Tips Memilih Produk Reksadana yang Baik
5 Cara Memilih Produk Reksadana
5 Tips Memilih Produk Reksadana
Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar
Tips Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar
Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik
Tips Memilih Produk Reksadana yang Baik
Cara Memilih Produk Reksadana
Tips Memilih Produk Reksadana

2 komentar untuk "5 Cara Memilih Produk Reksadana yang Baik dan Benar"